8 Adab Tidur Sesuai Ajaran Rasullulah


Tidur adalah suatu kebutuhan bagi manusia sehingga untuk itu tak heran apabila para ahli kesehatan selalu menganjurkan agar kita selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup yaitu setidaknya7-8 jam dalam sehari. Apabila kita tidur dengan waktu yang cukup maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Nah, tetapi tahukah Anda bahwa selain bisa membuat tubuh sehat dan bugar ternyata didalam islam sendiri tidur dianggap sebagai ibadah. Bahkan Islam telah mengatur adab-adab tidur yang baik dan benar agar tidur kita tidak hanya sekedar sebagai pelepas penat saja tetapi juga dinilai sebagai ibadah. Berikut dibawah ini ada 8 adab tidur yang baik sesuai ajaran Rasullulah yang wajib diterapkan oleh setiap muslim.

Adab Tidur Sesuai Ajaran Rasullulah



1. Berwudhu
Bukan hanya sholat saja kita diwajibkan untuk berwudhu tetapi ketika hendak tidurpun para muslim dan muslimah juga diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu agar mereka selalu didalam kondisi suci. Berikut dibawah ini ada satu hadis dari bukhari yang mewajibkan kita untuk berwudhu sebelum tidur.

 “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

2. Berdoa
Kemudian setelah berwudhu maka kita juga diwajibkan untuk berdoa. Bagi kita yang beragam muslim mungkin sudah hafal dengan doa tidur karena biasanya memang doa tidur sudah sering kali diajarkan ketika kita masih kecil. Namun jika Anda belum hafal maka berikut doa tidur yang wajib Anda baca ketika hendak tidur dimalam hari “Bismikaallahumma ahya wa bismika wa amuut”. Artinya yaiut Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup

3. Miring Ke Sebelah Kanan
Kemudian didalam islam sendiri tidur tidak boleh sembarangan, Rasulullah menganjurkan kita untuk selalu tidur miring kesebelah kanan. Berdasarkan penelitian mengatakan bahwa tidur dengan posisi seperti ini sangat baik untuk kesehatan kita dan organ-organ pun bisa bekerja dengan baik ketika sedang tertidur. Nah untuk itu, usahakan agar Anda selelu tidur dengan posisi miring kesebelah kanan sesuai dengan ajaran Rasulullah.

Dari al-Barra` bin Azib, Rasulullah Muhammad saw pernah bersabda, “Apabila kamu hendak tidur, maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan“.

4. Meletakkan Tangan di Bawah Pipi Sebelah Kanan
Selain berbaring miring kesebelah kanan, ketika tidur Rasulullah juga meletakan tangan dibawah pipi sebelah kanan. “Rasulullah Muhammad saw apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350)

5. Tidur di Awal Malam
Rasulullah juga menganjurkan kita untuk selalu tidur di awal malam agar bisa terbangun diakhir malam untuk melakukan sholat tahajjud. Rasulullah sangat membenci orang-orang yang tidur malam sebelum sholat isya dan orang-orang yang kemudian berbincang-bincang yang tidak bermanfaat ketika selesai sholat isya. Nah, jadi waktu tidur malam yang baik yaitu ketika selesai sholat isya dan hindari begadang karena hal tersebut tidak ada manfaatnya.

6. Tidur Tanpa Pakaian
Hendaknya ketika tidur dimalam hari sebaiknya kita tidak boleh melepas semua pakaian karena hal ini sangat bertentangan dengan ajaran Rasulullah dan memiliki banyak kerugian bagi diri Anda sendiri.

“Tidak diperbolehkan tidur hanya dengan memakai selimut, tanpa memakai busana apa-apa”. (HR. Muslim).

7. Mengibaskan Tempat Tidur Sebelum Tidur
Kebersihan adalah sebagian dari iman, ketika hendak tidur sebaiknya Anda selalu membersihkan terlebih dahulu tempat tidur Anda. Seperti yang telah di sabdakan Rasulullah, “Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘bismillah’, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al Bukhari No. 6320, Muslim No. 2714, At-Tirmidzi No. 3401 dan Abu Dawud No. 5050).

8. Selalu Berdoa Ketika Bangun Tidur
Kemudian jangan lupa untuk selalu berdoa ketika Anda terbangun dari tidur. Berikut doa bangun tidur yang sering kali dibaca oleh Rasulullah,  “Alhamdulillahillaji ahyana ba’da maa ama tanaa wa ilayhinnusur.” (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami kembali.” (HR. Muslim)


Itulah ada tidur didalam islam sesuai dengan ajaran Rasulullah yang bisa kita aplikasikan dalam keseharian kita. Semoga bermanfaat.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==