5 Penyakit Akibat Berlebihan Mengkonsumsi Garam


Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat penting bagi ibu rumah tangga karena seperti yang kita ketahui bahwa garam sangat diperlukan untuk menambah rasa sedap pada masakan sehingga jangan heran apabila makanan yang kurang atau tidak diberi garam rasanya hambar dan pasti tidak terlalu sedap dilidah. Namun meskipun garam bisa menambah rasa sedap pada masakan tetapi kita tidak boleh mengkonsumsi atau memasukan nya terlalu berlebihan kedalam masakan karena selain bisa membuat masakan kita menjadi keasinan, mengkonsumsi garam secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Bahaya makan garam berlebihan


Nah, berikut dibawah ini ada beberapa penyakit yang bisa disebabkan akibat kelebihan mengkonsumsi garam. 

1. Darah Tinggi
Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang akan Anda alami apabila terlalu banyak mengkonsumsi garam. Ketika Anda mengkonsumsi garam secara berlebihan setiap hari maka darah didalam tubuh Anda akan mengental dan kemudian menyebabkan tekanan darah Anda menjadi tinggi. 

2. Stroke
Kemudian penyakit kedua yang mengintai Anda pecinta makanan asin adalah stroke. Mengkonsumsi garam secara berlebihan akan menyebabkan Anda mudah terserang stroke, mulai dari stroke ringan hingga yang fatal. 

3. Merusak Organ Ginjal
Mengkonsumsi garam secara berlebihan juga sangat berpotensi merusak ginjal Anda. seperti yang kita ketahui bahwa ginjal merupakan salah satu organ penting didalam tubuh, apabila rusak sedikit saja maka dampaknya sangat buruk bagi tubuh Anda bahkan kerusakan ginjal ini juga bisa memicu komplikasi penyakit lainnya. Nah, maka dari itu sebaiknya batasi asupan garam harian Anda agar tubuh tetap sehat tanpa harus mengurangi rasa sedap pada makanan.

4. Kembung
Kelebihan mengkonsumsi garam juga bisa menyebabkan Anda menjadi kembung, hal ini karena disebabkan sifat garam yang bersifat mempertahankan air didalam tubuh. Meskipun tampak sepele tetapi penyakit kembung ini bisa membuat perut Anda terasa tidak nyaman.

5. Kecanduan
Kemudian terakhir, garam juga bisa membuat Anda menjadi kecanduan dan menyebabkan Anda obesitas.


Itulah 5 penyakit akibat berlebihan mengkonsumsi garam. Tetapi walaupun demikian Anda tidak perlu khawatir, mengkonsumsi garam juga memiliki manfaat asalkan tidak berlebihan. Salah satu manfaat garam adalah bisa mencegah terjadinya penyakit gondok.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==