3 Tips Agar Memiliki Cukup Uang Seumur Hidup

loading...

loading...
Memiliki penghasilan atau  gaji tinggi ketika masih muda kerap kali membuat seseorang menjadi boros dan lupa menabung untuk persiapan hari tua mereka nanti. Mereka beranggapan bahwa akan bisa mendapatkan uang selamanya, padahal seperti yang kita ketahui bahwa semakin bertambahnya usia maka kekuatan tubuh kita akan menurun dan tak akan mampu lagi untuk bekerja. Apabila kita tidak bekerja maka sudah tentu tidak akan mendapatkan uang.

Nah, maka dari itu untuk mengantisipasi hal-hal tersebut maka sebaiknya kita harus pandai-pandai dalam mengatur keuangan sejak dini, bahkan sejak masih remaja agar nantinya ketika tua kita tidak kekurangan uang dan hidup terlunta-lunta.

Tips cukup uang seumur hidup

Berikut dibawah ini ada tiga tips atau cara yang bisa dikatakan cukup ampuh agar kita bisa memiliki cukup uang seumur hidup.

1. Pangkas pengeluaran
Hal pertama yang harus Anda lakukan sejak dini adalah memangkas pengeluaran yang tidak terlalu perlu. Lebih baik alokasikan saja uang tersebut untuk menabung atau berinvestasi agar nanti Anda bisa memanen hasilnya.

Ya, meskipun masa muda merupakan masa yang berapi-api dan penuh gengsi kata bang haji Rhoma tetapi bukan berarti kita harus mengikuti keinginan untuk membeli barang-barang mahal dan bergonta-ganti ponsel setiap bulan tetapi belilah barang yang memang Anda butuhkan. Ingat,  hemat pangkal kaya dan boros pangkal susah.

2. Menabung jangka panjang
Kemudian apabila Anda sudah bisa mulai memangkas pengeluaran, maka cobalah untuk pelan-pelan menabung. Jangan tunggu duti gaji Anda bersisa baru akan menabung, tetapi usahakan untuk selalu berkomitmen akan selalu menabung 1/3 dari gaji Anda dan sisanya baru untuk kebutuhan hidup dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa menabung jangka panjang dengan cara berinvestasi semisal reksadana atau yang lainnya.

3. Jangan habiskan uang untuk anak cucu
Terakhir, usahakan untuk tidak menghabiskan harta atau uang Anda untuk anak dan cucu. Ajarkan anak dan cucu Anda untuk mandiri agar mereka tahu bagaimana mencari uang dan bisa lebih bijaksana lagi dalam mengeluarkan uang.

Itulah tiga tips agar kita memiliki cukup uang seumur hidup dan tidak sengsara dihari tua. Dengan begitu Anda tidak akan menjadi beban bagi anak dan cucu Anda sehingga kita tetap bahagia dan menikamti hari tua dengan senyuman.

loading...

Loading...