3 Alasan Utama Mengapa Wanita Hamil Dilarang Merokok


Wanita yang sudah kecanduan merokok sejak usia remaja tentunya akan cenderung kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruknya tersebut hingga tak jarang ada beberapa wanita yang pada akhirnya tetap merokok meskipun sudah menikah. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa merokok sangat berbahaya dan dapat menganggu kehamilan dan janin yang ada didalam kandungan wanita.

Maka dari itu tak heran apabila para ahli kesehatan sangat melarang wanita hamil untuk merokok. Jangankan wanita hamil, orang yang sehat saja tidak dianjurkan untuk merokok karena memang ini salah satu kebiasaaan buruk yang bisa memicu berbagai macam penyakit.


Nah, kembali lagi pada topik pembahasan. Mungkin semua orang telah mengetahu bahwa wanita hamil tidak boleh merokok karena bisa membahayakan janin yang ada didalam kandungan tetapi meskipun demikian tetap saja masih ada yang bandel dan tidak peduli akan hal ini.

Baiklah bagi Anda yang masih tetap bandel dan selalu merokok pada saat hamil maka silahkan simak tulisan dibawah ini mengenai apa saja bahayanya apabila Anda tetap melanjutkan kebiasaan merokok ketika sedang hamil.

1. Kelainan Pada Janin
Resiko pertama yang harus dihadapai oleh para wanita hamil yang merokok adalah adanya masalah kelainan janin seperti tidak sempurnanya tumbuh janin dan apabila lahir nanti berat badanya kecil. Anda pasti tidak mau kan melahirkan seorang bayi yang cacat ? nah, maka dari itu hentikanlah kebiasaan merokok mulai dari sekarang.

2. Beresiko Lahir Prematur
Kemudian resiko merokok bagi wanita hamil selanjutnya adalah bisa membuat bayi lahir tidak pada waktunya atau prematur. Ketika wanita hamil merokok maka akan menimbulkan polutan sehingga sangat menganggu ari-ari ibu. Ari-ari yang merasa terganggu ini maka akan bergerak dan mencari tempat yang lebih baik agar bisa menyalurkan nutrisi pada janin. Tak menutup kemungkinan, ari-ari akan bergerak dan menutupi jalan lahir sehingga membuat bayi menjadi sulit untuk keluar nantinya. Hal ini biasa dikenal dengan Plasenta Previa.

Bahkan, yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah terlepasnya ari-ari secara dini dari rahim sang ibu dan menyebabkan bayi lahir prematur.

3. Bayi Meninggal
Terakhir bahaya merokok pada wanita hamil adalah bisa mengakibatkan bayi yang ada didalam kandungan Anda meninggal. Hal ini dikarenakan, ketika wanita hamil merokok maka gas kotor akibat rokok tersebut juga bisa masuk keperedaran darah si janin sehingga membuat janin kekurangan oksigen dan sulit bernafas hingga akhirnya meninggal. 

Itulah 3 alasan utama mengapa wanita hamil dilarang merokok karena tidak hanya membahayakan kesehatan si bayi tetapi jugsa bisa membuat nyawa sang ibu juga terancam. So, be smart dan jadilah orang tua yang cerdas.



loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==