Kisah Pak Raden Jual Lukisan Untuk Biaya Berobat

loading...

loading...
Pasca meninggalnya Drs. Suyadi atau yang biasa dikenal dengan Pak Raden terdapat sepenggal cerita haru yang sangat menarik untuk diulas yaitu kisah dimana ketika Pak Raden terpaksa harus menjual salah satu lukisan masterpiece miliknya pada Jokowi dengan harga 60 juta. Rencananya uang hasil penjualan lukisan tersebut akan Beliau gunakan untuk membiayai pengobatanya kakinya.

Pak Raden dan Kisahnya Jual Lukisan pada Jokowi

Cerita ini terjadi pada tahun 2012 yaitu dimana pada saat itu pak Raden membawa lukisannya yang berjudul “perang Kembang” ke kantor Jokowi yang pada saat itu Ia masih menjabat sebagai Gubernur Jakarta. Namun sayangnya disana Pak Raden tidak bertemu dengan Jokowi karena Ia sedang mengunjungi pasar blok G Tanah Abang, Jakarat Pusat dan Beliau hanya bertemu dengan wakil gubernur pada saat itu yaitu Ahok.

Setelah 2 minggu sejak pertemuan di balai kota tersebut belum ada kepastian ataupun kabar apakah Jokowi akan membeli lukisan tersebut atau tidak. Akhirnya, tanpa di sangka-sangka ternyata lukisan tersebut dibeli oleh Ketua Umum Gerindra yaitu Prabowo Subianto dengan harga 50 juta.

Pada saat diwawancarai, waktu itu Pak Raden mengatakan bahwa tidak mengetahui sama sekali darimana Prabowo bisa tahu bahwa dirinya akan menjual lukisan. Tiba-tiba saja utusan Prabowo datang dan membeli lukisan saya kata Pak Raden.

Kemudian uang hasil penjualan tersebut tidak seluruhnya digunakan untuk membiayai pengobatannya tetapi juga di sisihkan dan digunakan untuk mencetak manuskrip cerita anak bergambar yang telah dibuatnya selama ini. Bahkan jika nanti ada uang lebih dari sponsor, Pak Raden juga akan mengembangkan buku cerita wayang untuk remaja yang memang pada saat ini sangat langka.

Tetapi sayangnya ide dan impian Pak Raden kini harus pupus karena Beliau telah dipanggil oleh sang pencipta pada hari jumat, 30 Oktober 2015 kemarin. Seperti yang kita ketahui, meskipun si Unyil sangat populer tetapi bukan berarti membuat Pak Raden hidup dengan bergelimang harta. Bahkan, di usia senjanya kondisi ekonomi Beliau sangat buruk karena sudah tidak bisa bekerja lagi akibat sering sakit-sakitan.

Pak Raden merupakan salah satu seniman besar Indonesia yang memiliki karya luar biasa sehingga patut dihargai. Bahkan ketika di usia senjanya Ia masih terus berkarya, namun sayangnya kurang mendapatkan apresiasi.

Namun terlepas dari itu semua, kini Drs. Suyadi alias Pak Raden telah kembali pada sang pencipta dan tenang disana. Semoga apa yang dilakukan oleh Beliau bisa menjadi amal baik yang akan menuntun Ia ke surga. Selamat Jalan Pak Raden


loading...

Loading...