6 Manfaat Daun Pisang Yang Jarang Diketahui

loading...

loading...
Daun pisang bukanlah sesuatu yang asing bagi kita dan hampir setiap masyarakat Indonesia mengetahui yang namanya daun pisang. Daun pisang ini biasanya dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan seperti jajanan tradisional, lontong dan lainnya. Selebihnya daun pisang kerap kali hanya dibuang saja karena dianggap sebagai sampah.

Manfaat daun pisang

Tetapi tahukah Anda bahwa selain digunakan untuk pembungkus makanan ternyata daun pisang ini juga memiliki manfaat luar biasa lainnya yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan masyarakat kita, salah satu manfaatnya adalah mampu mengobati beberapa masalah kesehatan seperti mimisan, disentri dan lainnya. 

Nah, apabila Anda penasaran maka silahkan simak tulisan dibawah ini mengenai apa saja manfaat dari daun pisang ini.

1.Mengatasi Radang Tenggorokan
Manfaat pertama yang mungkin tidak Anda sangka-sangka adalah bisa mengatasi radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang menyebalkan karena membuat kita menjadi tersiksa dan sulit untuk menelan makanan sehingga untuk maka dari itu kita harus mengatasi masalah ini dengan cepat dan tepat.

Nah, bagi anda yang sedang mengalami radang tenggorokan maka tidka ada salahnya jika mencoba ramuan daun pisang untuk menghilangkan masalah tersebut. Caranya yaitu keringkan daun pisang terlebih dahulu dengan cara dijemur dibawah sinar matahari, setelah itu baru direbus hingga mendidih. Kemudian minum air rebusan daun pisang tersebut, apabila dikonsumsi secara teratur maka bisa menyembuhkan radang tenggorokan yang Anda derita.

2. Mengobati Disentri
Penyakit disentri kerap kali dialami oleh masyarakat kita bahkan tidak hanya orang tua, anak-anak pun sering sekali mengidap penyakit ini. Nah bagi Anda atau ada kerabat yang mengalami disentri maka jangan panik karena sebenarnya disentri bisa diobati secara alami yaitu dengan menggunakan daun pisang.
Caranya mudah yaitu kunyah saja daun pisang secukupnya dan kemudian telan getah daun pisang tersebut. Ingat bukan daun nya ya, tetapi getah daun pisang yang keluar saat kita mengunyah tadi. Kandungan alami pada daun pisang mampu membantu Anda untuk mengatasi masalah disentri ini.

3. Untuk Mengatasi Mimisan
Kemudian daun pisang juga bisa digunakan untuk mengatasi mimisan pada anak-anak maupun orang dewasa. Caranya pengaplikasiannya sangat mudah yaitu anda tinggal letaka saja daun pisang ini pada lubang hidung yang mengeluarkan darah lalu diamkan saja beberapa waktu sampai darahnya berhenti mengalir keluar.

4. Mengatasi Keputihan
Bagi Anda para wanita yang mengalami keputihan maka jangan khawatir dan tidka perlu membeli obat-obatan yang super mahal karena sebenarnya untuk mengatasi keputihan ini Anda bisa memanfaatkan daun pisang. 

Cara memanfaatkan daun pisang untuk mengatasi keputihan ini juga sangat mudah yaitu rebus terlebih dahulu daun pisang yang sudah dibersihkan, lalu tunggulah hingga mendidih. Dinginkan terlebih dahulu, apabila air rebusan daun pisang tadi sudah hangat-hangat kuku maka bisa langsung digunakan untuk membasuh atau membersihkan organ reproduksi Anda.

5. Mengobati Sakit Dada dan Redakan Batuk
Selanjutnya yaitu Anda juga bisa memanfaatkan daun pisang ini untuk mengatasi sakit pada dada dan meredakan batuk. Caranya yaitu, rebuslah daun pisang yang yang telah dicuci bersih dan biarkan hingga mendidih. Minum air rebusan daun pisang ini secara rutin hingga batuk dan nyeri pada dada Anda sembuh.

6. Sebagai Ramuan Untuk Obat Luka
Manfaat daun pisang terakhir adalah bisa menyembuhkan luka ringan seperti gigitan nyamuk, goresan, terjatuh dan lainnya. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah yaitu Anda haluskan saja daun pisang dengan menggunakan blender lalu setelah itu oleskan pada kulit yang terluka.

Itulah 6 manfaat daun pisang yang jarang diketahui oleh banyak orang. So, sekarang Anda sudah tahukan ?

loading...

Loading...