5 Cara Pemerintahan China Untuk Mencegah Pejabatnya Korupsi


Untuk menjadi bangsa yang besar dan maju bukanlah perkara yang mudah karena banyak tantangan yang harus dihadapi. Hal ini sepertinya sangat disadari oleh Xi Jinping, sehingga maka dari itu untuk mewujudkan impiannya agar bisa membawa China menjadi negara yang besar maka Ia harus menyelesaikan berbagai masalah yang ada didalam negerinya terlebih dahulu yaitu salah satunya adalah memberantas korupsi di kalangan pejabat.

cara pemerintahan China atasi pejabat korupsi

Korupsi ini merupakan musuh terbesar negara karena apabila dibiarkan maka lama-kelamaan akan menjadi budaya di negara tersebut dan apabila pejabat di suatu negara sudah banyak yang korupsi maka sudah pasti negara tersebut akan hancur. Nah itulah mengapa Xi Jinping sangat getol memberantas korupsi di negaranya, bahkan China sangat tegas dalam menghukum pejabat-pejabat mereka yang ketahuan korupsi. Tidak hanya sekedar dipenjara, pejabat China yang terbukti korupsi akan dihukum mati serta akan di miskinkan.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi atau mencegah pejabatnya agar tidak korupsi maka presiden China mengeluarkan 5 aturan ketat bagi para pejabatnya. Siapa saja pejabat yang berani melanggar aturan ini maka akan di selidiki dan apabila terbukti korupsi akan di hukum mati. Apa saja peraturan tersebut ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini

1. Pejabat di China Tidak Boleh Main Golf
Bermain golf biasanya merupakan salah satu hobi atau kebiasaan para pejabat karena memang olahraga yang satu ini sering dianggap sebagai olahraga kalangan atas. Nah, apabila dinegara lain pejabatnya bebas untuk bermain golf maka hal ini sangat berbeda dengan China yaitu dimana pemerintah negara Tirai Bambu tersebut melarang pejabatnya untuk bermain golf karena hal tersebut sangat identik dengan gaya hidup mewah dan berlebihan. Bagi siapa saja pejabat China yang ketahuan melanggar aturan ini maka hukumannya akan sangat berat.

2. Pejabat China di Suruh Melihat Koruptor di Penjara
Kemudian cara kedua yang dilakukan oleh pemerintahan China untuk mencegah korupsi adalah dengan menyuruh pejabatnya untuk melihat koruptor yang ada dipenjara. Hal ini bertujuan agar pejabat tersebut selalu ingat dan tidak mau melakukan korupsi karena hidup dipenjara tidaklah senang.  Ide ini pertama kali di sarankan oleh Komisi Pusat Disiplin Anggota Partai Komunis China (CCDI).
"Dengan kunjungan ini, para kader kami dorong untuk lebih memahami hukuman yang mereka terima bila melakukan korupsi," tulis pernyataan tertulis CCDI.

3. Pejabat China Tidak Boleh Membuat Pemakaman Mewah
Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa pemerintahan China sangat melarang pejabatnya untuk hidup bermewah-mewahan, bahkan pejabat China dilarang untuk membuat pemakaman yang mewah karena ini termasuk salah satu pelanggaran dan apabila ada pejabat yang melanggar maka akan diselidiki dan apabila terbukti korupsi maka hukumannya sangat berat.

Selain itu, pejabat China juga dilarang menerima uang duka dari pelayat karena menurut pemerintahan China hal semacam ini sering dimanfaatkan dan terkadang ditemukan praktik suap terselubung.

4. Pejabat China di Larang Beli Kue Imlek Menggunakan Uang Negara
Memberi hadiah atau parsel pada kerabat, sahabta atau keluarga pada saat hari besar merupakan suatu hal yang lumrah bagi pejabat kita. Namun di China dilarang memberikan parsel berisi kue bulan, apalagi membeli parsel tersebut dengan uang  negara. Hal ini disebabkan karena pemberian parsel kerap kali berkaitan dengan hadiah terselubung. Siapa saja pejabat yang berani melanggar aturan ini maka segera bersiap-siap untuk diadili.

5. Pejabat Malas Akan di Pecat
Pejabat yang malas-malasan, tidak kompeten dibidangnya dan apalagi ditambah korupsi maka pemerintah China tidak segan-segan untuk memecat dan menghukum yang korupsi. Aturan ini dirancang oleh Politbiro Partai Komunis China dan diteken langsung oleh Presiden Xi Jinping. Agar peraturan ini bisa berjalan maka sang presiden menunjuk Badan Pengawas Pusat Disiplin Partai (CCDI) sebagai Lembaga yang menjalankan aturan ini.

Itulah 5 cara pemerintahan China untuk mencegah pejabatnya korupsi. Dengan adanya aturan yang jelas serta hukuman yang mengerikan maka bukan tidak mungkin jika nantinya China akan menjadi negara maju yang bebas korupsi.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==