5 Kunci Utama Agar Hidup Bahagia

loading...

loading...
Apa sih yang membuat Ada bisa hidup bahagia ? jika pertanyaan itu ditanyakan kepada setiap orang maka saya yakin banyak orang yang mengatakan bahwa bahagia itu jika memiliki harta yang melimpah, hidup senang, semua keinginan terkabulkan dan lainnya yang indah-indah. Meskipun kita tidak bisa memungkiri bahwa setiap manusia pasti membutuhkan yang namanya uang tetapi walaupun demikian percayakah Anda jika ternyata uang bukanlah sumber kebahagian yang sesungguhnya karena itu hanya titipan dan sesaat saja.

Kunci hidup bahagia


Terus apa sih kunci agar hidup bahagia ? jawabanya sangat sederhana dan semua orang pasti sudah banyak yang mengetahuinya namun sayangnya tidak banyak orang yang benar-benar mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-sehari sehingga mereka selalu ketakutan akan hidup kekurangan. Berikut ada 5 kunci sederhana agar hidup kita lebih bahagia, silahkan simak tulisan dibawah ini.

1. Bebaskan Hati Anda Dari Kebencian
Kunci pertama adalah bebaskan hati dan pikiran Anda dari perasaan iri, dengki, dendam serta kebencian. Jika Anda pelihara hal buruk diatas maka akan membuat hidup Anda menjadi tidak tenang karena selalu merasa “sakit perut” sendiri ketika melihat orang lain bahagai atau senang. Bahkan karena kebencian yang mendalam ini mereka akan selalu terbelengu dan semakin tersiksa ketika melihat orang lain menjadi sukses. So, jika Anda ingin hidup tenang dan tentram maka bersihkanlah hati dari kebencian.

2. Bebaskan Pikiran Anda Dari Kekhawatiran 
Rasa khawatir yang berlebihan juga akan membuat hidup Anda menjadi tidak tenang karena sepanjang hari Anda akan selalu memikirkan dan takut akan kehidupan dimasa depan. Jika sudah begini maka orang tersebut akan putus asa dan menjadi bermalas-malasan, padahal kita tahu bahwa masa depan dimulai dari sekarang sehingga lakukanlah yang terbaik mulai dari sekarang agar tidak menyesal nantinya. Selain itu, bukankah Allah juga telah mengatakan bahwa bagi siapa saja yang mau berusaha dan berdoa maka pasti akan mendapatkan rezeki.

3. Hidup Sederhana 
Kemudian kunci hidup bahagia selanjutnya adalah hiduplah sederhana dan tidak berlebihan. Jika Anda selalu berpikir untuk hidup bermewah-mewahan maka pasti tidak akan ada habisnya karena sifat manusia memang tidak pernah ada puas dan selalu ingin hal yang lebih. Lebih baik perbanyak bersyukur karena hal ini akan membuat hati Anda menjadi tenang dan hidup secara sederhana tanpa membanding-bandingkan dengan orang lain. Hidup sederhana bukan berarti miskin, meskipun finansial Anda mapan tetapi tetaplah rendah diri dan jangan suka pamer.

4. Memberi Lebih Banyak 
Ada pepatah mengatakan bahwa tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Terlepas dari arti sebenarnya, maksudnya adalah kita dianjurkan untuk selalu bersedakah karena hal ini tidak akan membuat Anda menjadi miskin. Ketika kita bersedakah maka hati akan terasa tentram dan cenderung menjadi bahagia seperti ada kepuasaan tersendiri karena ikut meringan beban saudara kita yang membutuhkan.

5. Mengurangi Harapan 
Kemudian kunci hidup bahagia yang terakhir adalah jangan terlalu panjang angan-angan. Banyak orang yang merasa tersiksa dengan harapan-harapan mereka, bukannya tidak boleh mempunyai impian tetapi Anda juga harus realistis dan harus punya impian yang terarah sehingga kita mengerti kemana akan melangkah. Kita hanya bisa berencana tetapi Tuhan lah yang menentukan semuanya.

Itulah 6 kunci hidup bahagia yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehar-hari. Sangat sederhana bukan ? ya memang benar kebahagian itu sederhana dan tidak ribet tetapi kitalah yang mempersulit datangnya kebahagian.


loading...

Loading...