Luar Biasa, Inilah Foto-Foto Ibadah Haji Tahun 1953

loading...

loading...
Berbicara mengenai haji maka tentu saja akan ada perbedaan antara  dulu dan sekarang.  Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat ini untuk bisa berhaji seseorang harus mengantri dan menunggu giliran karena begitu banyaknya orang-orang yang ingin berangkat haji. Apalagi ketika berada di Arab nanti, sudah penuh dengan umat muslim dari berbagai negara lainnya sehingga membuat kita berdesak-desakan karena begitu ramainya jamaah haji.

Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang berangkat haji di tahun 1953 yaitu dimana para jamaah masih sedikit dan tidak terlalu berdesak-desakan dalam melaksanakan ibadah haji.  Jika Anda tidak percaya, maka lihat saja foto-foto dibawah ini.



Seperti yang kita lihat diatas, foto prosesi ibadah haji pada tahun 1953 terlihat tidak begitu berdesakan dan para jamaah berangakt menuju Arab Saudi menggunakan jalur laut karena memang pada saat itu jalur udara masih dalam tahap awal dan tidak tersedia di setiap negara. Bagi orang yang mampu maka untuk melakukan perjalanan ibadah haji mereka memilih menggunakan atau menyewa pesawat kecil dan berhenti di tiap-tiap negara terdekat.

kemudian sebagian lagi memilih naik bus dan karena keterbatasan kendaraan pada saat itu mereka rela naik ramai-ramai hingga diatap bus.


Namun meskipun naik kendaraan dengan berdesakan tetapi ketika melakukan prosesi haji mereka tidak berdesakdesakan, bahkan bisa dengan mudah masuk kedalam ka'bah. 


Tidak hanya itu, jamaah haji pada tahun 1953 juga dapat membangun tenda di gunung arafah.


Itulah foto-foto prosesi ibadah haji pada tahun 1953 yang dengan keterbatasan alat transportasi sehingga membuat jamaah yang melakukan ibadha haji masih sedikit. Hal ini berbanding terbalik dengan sekarang, dimana terkadang ada orang yang bahkan bisa berangkat haji berkali-kali karena memang mempunyai uang berlebih dan didukung dengan alat transportasi yang memudahkan.

loading...

Loading...