10 Hal Yang Menyebabkan Seseorang Terkena Gagal Ginjal Akut

loading...

loading...
Menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting salah satunya adalah dengan cara rajin mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari maka itu sudah membantu meringankan kerja ginjal. Jangan sepelekan kesehatan ginjal Anda karena apabila ginjal sudah rusak, apalagi sampai mengalami gagak ginjal akut maka bisa dipastikan hidup Anda akan sengsara karena biaya pengobatan untuk penyakit gagal ginjal ini sangat mahal.

Penyakit gagal ginjal akut

Seperti yang kita ketahui bahwa gagal ginjal merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh setiap orang didunia ini karena belum ada obatnya, kecuali dengan melakukan cangkok ginjal. Namun walaupun demikian kita tidak perlu khawatir karena penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat dan makan yang teratur dan menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk penyebab gagal ginjal.

Berikut 10 hal yang menyebabkan gagal ginjal akut yang harus anda ketahui agar bisa terhindar dari penyakit ini.

1. Alkohol
Kebiasaan buruk pertama yang menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal adalah sering mengkonsumsi alkohol. Kebiasaan ini bisa membebani kerja ginjal Anda karena organ tersebut akan bekerja dua kali lebih keras untuk menetralisir dan menyaring racun yang terkandung didalam alkohol. Nah, apabila ginjal terus menerus bekerja keras setiap harinya maka akan membuat fungsinya menurun dan kemudian rusak sehingga menyebabkan gagal ginjal.

2. Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan secara terus menerus tidak hanya membuat Anda menjadi lemas tetapi lama-kelamaan akan membuat fungsi ginjal Anda menjadi terganggu. Cairan sangat dibutuhkan pada saat proses sekresi ginjal, apabila tubuh kekurangan cairan maka tentu saja akan membuat kinerja ginjal semakin berat untuk melakukan sekresi sehingga ini bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Konsumsilah air putih setidaknya 8 gelas sehari agar cairan tubuh Anda tercukupi.

3. Hipovolemia
Apakah Anda pernah mendengar kata Hipovelemia ? Hipovelemia merupakan kondisi dimana jumlah darah yang ada didalam tubuh berkurang yang disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah pendarahan hebat, kecelakaan, atau akibat operasi. Jika tidak ditangani dengan cepat maka orang yang mengalami Hipovelemia akan mengalami gagal ginjal akut.

4. Keracunan
Penyebab seseorang terkena gagal ginjal akut selanjutnya adalah karena keracunan obat atau jamu. Untuk itu Anda jangan sembarangan mengkonsumsi obat-obatan atau jamu diluar sana tanpa resep dokter karena bisa membahayakan kesehatan ginjal Anda, jika terjadi keracunan maka bisa menyebabkan gagal ginjal.

5. Pukulan
Gagal ginjal juga bisa diakibatkan oleh pukulan atau benturan benda keras. Hal ini bisa menyebabkan ginjal kita menjadi cidera sehingga akan menganggu kinerja ginjal. Apabila sudah demikian maka resiko untuk terkena gagal ginjal sangatlah besar.

6. Minuman Energi
Minuman berenergi memang membuat tubuh menjadi bugar dan bisa meningkatkan stamina secara instan, biasanya orang-orang yang sangat sibuk dan pekerja keras sangat mengandalkan minuman berenergi untuk menjaga mereka agar tetap aktif. Namun tahukah Anda bawah kebiasaan mengkonsumsi minuman berenergi ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda terutama kesehatan ginjal, bahkan bisa mengakibatkan gagal ginjal.

7. Darah Tinggi
Darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kolesterol didalam tubuh. Selain bisa menyebabkan stroke, darah tinggi juga bisa membuat seseorang mengalami gangguan ginjal.

8. Diabetes
Diabetes juga merupakan penyakit mematikan karena bisa membuat penderitanya mengalami komplikasi. Bahkan seseorang yang menderita diabetes sangat rentan terkena penyakit gagal ginjal karena insulin yang dihasilkan oleh tubuh tidak berkualitas maka akan memperberat kinerja ginjal dalam memfilter racun didalam tubuh.

9. Saluran Kemih Tersumbat
Saluran kemih tersumbat menyebabkan terhambatnya urin untuk keluar sehingga hal ini akan membuat urin berbalik ke ginjal. Jika tidak diatasi dengan cepat maka lama-kelamaan urin tadi akan semakin tinggi dan menekan ginjal Anda, hal inilah yang kemudian membuat ginjal menjadi rusak dan pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

10. Batu Ginjal
Penyebab terakhir seseorang bisa terkena gagal ginjal akut adalah karena adanya batu ginjal. Batu yang ada didalam ginjal akan menghalangi fungsi dan kinerja ginjal sehingga lama kelamaan akan membuat seseorang menderita gagal ginjal.

Itulah 10 penyebab gagal ginjal akut yang harus Anda ketahui agar kita semua bisa terbebas dari penyakit mematikan ini. Jika ada keluhan sedikitpun dengan kondisi tubuh Anda maka jangan diabaikan dan periksakan segera kepada dokter agar bisa ditangani dengan cepat dan tepat.


loading...

Loading...