Kisah Seseorang Yang Masuk Neraka Karena Seekor Lalat


Surga dan neraka merupakan tempat yang diciptakan oleh Allah SWT untuk membalas perbuatan manusia ketika mereka hidup di bumi. Surga merupakan tempat berkumpulnya orang-orang mukmin yang menuruti seluruh perintah Allah SWT serta menjauhi semua laranganya sedangkan neraka sendiri merupakan tempat bagi orang-orang yang ingkar atas perintah Tuhan.

kisah seseorang yang masuk neraka akibat seekor lalat

Nah, berbicara mengenai surga dan neraka ini ternyata ada satu cerita yang menarik yaitu dimana Rasullullah pernah bersabda jika “Ada seorang lelaki yang masuk surga gara-gara seekor lalat dan ada pula lelaki lain yang masuk neraka gara-gara lalat.”
Kisah ini di tuliskan oleh Imam Ahmad bin Hanbal dalam kitabnya yang berjudul Az Zuhud dan kemudian sampai kepada shahabat Salman Al Farisi.

Mendengar sabda Rasullullah tersebut akhirnya para sahabat bertanya, “Bagaimana hal itu bisa terjadi wahai Rasulullah?”
Kemudian Rasulullah menjawab bahwa “Ada dua orang lelaki yang melewati suatu kaum yang memiliki berhala.”

Kedua lelaki tersebut tidak diperbolehkan melewati daerah tersebut kecuali mereka berkorban atau memberikan sesaji pada berhala tersebut. Kaum tersebut berkata kepada kedua lelaki tersebut, “Berkorbanlah!”.

Lelaki pertama menjawab, “Aku tidak punya apa-apa untuk dikorbankan.” Kemudian para kaum berhala tersebut berkata “Berkorbanlah, walaupun hanya dengan seekor lalat!”

Kemudian lelaki pertama berkorban seekor lalat sehingga akhirnya diperbolehkan untuk melewati daerah tersebut dan meneruskan perjalanan. Karena kelakuannya ini,  lelaki  tersebut masuk neraka.

Sedangkan ketika lelaki kedua diperintahkan berkorban untuk berhala tersebut, Ia menjawab “Tidak pantas bagiku berkorban untuk sesuatu selain Allah ‘azza wa jalla’. Karena jawabanya ini akhirnya lelaki kedua tersebut dipenggal kepalanya, namun Ia masuk surga.

Demikianlah, kisah diatas menyadarkan kita bahwa tidak ada yang patut di sembah selain Allah SWT. Kisah tersebut juga mengajarkan kita bahwa terkadang kita sering sekali menganggap remeh bahaya syirik, padahal seseorang bisa saja terjerumus kedalam kesyirikan tetapi kita tidak mengetahui bahwa perbuatan yang kita lakukan adalah syirik dan bisa menjerumuskan kita ke dalam neraka nantinya.




loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==