Bahaya Memiringkan Kepala Saat Mimisan

loading...

loading...
Apakah Anda pernah mengalami mimisan ? biasanya jika seseorang mengalami mimisan maka tanpa disadari untuk memberhentikan mimisan tersebut sebagian dari kita memiringkan kepala keatas. Walaupun cara ini cukup ampuh agar darah yang keluar cepat berhenti namun ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan darah lari ke bagian belakang tenggorokan.

bahaya memiringkan kepala saat mimisan

Hal ini bukanlah omong kosong karena disampaikan oleh seorang profesor bedah kepala dan leher di David Geffen School of Medicine di University of California, Los Angeles, Jeffrey Suh, MD.

"Darah yang mengalir melalui belakang tenggorokan dapat membuat perut mual dan muntah. Ada kemungkinan juga Anda dapat tersedak dan menyebabkan pneumonia, karena darah terkontaminasi dengan bakteri dari tenggorokan Anda," katanya

Nah, bagi Anda yang sering mengalami mimisan maka sebaiknya ikuti cara berikut agar darahnya cepat berhenti.  Bila Anda mengalami mimisan maka cobalah untuk mencubit pelan bagian hidung (tepat di bawah tulang hidung) karena tekanan tersebut bisa membantu pembekuan darahlebih cepat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan semprotan dekongestan nasal sebelum mencubit hidung. Biasanya mimisan akan bertahan selama 15 menit, namun apabila telah lebih dari itu maka ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter.

Untuk sekedar informasi tambahan yaitu mengenai penyebab mimisan pada seseorang adalah sebagai berikut.

1. Alergi
Alergi juga bisa menyebabkan seseorang mengalami mimisan. Reaksi alergi pada sesuatu bisa membuat pembuluh kapiler menjadi terbuka dan pada akhirnya dapat mengeluarkan darah dari lubang hidung.

2. Cuaca Panas
Biasanya penyebab yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah karena cuaca panas. Cuaca yang panas bisa menyebabkan kelembaban hidung berkurang bahkan mengering sehingga menyebabkan iritasi yang berujung pada mimisan.

3. Trauma
Trauma karena terjadi sesuatu seperti pukulan, benturan ringan atau bersin bisa menyebabkan seseorang mengalami mimisan.

Nah itulah penyebab serta bahaya memiringkan kepala saat mimisan. So, jika anda melakukan hal ini maka mulai dari sekarang jangan ulangi lagi karena berbahaya bagi kesehatan


loading...

Loading...