5 Pahlawan Indonesia Yang Terkenal Hingga Luar Negeri

loading...

loading...
Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 tidak datang begitu saja tetapi membutuhkan perjuangan, kerja keras, bahkan mempertaruhkan nyawa. Tentunya perjuangan yang dilakukan oleh rakyat Indonesia ini tak jarang melahirkan tokoh-tokoh pahlawan yang sangat di hormati baik itu di Indonesia sendiri maupun diluar negeri.

Nah, berbicara mengenai seorang pahlawan ternyata ada 5 tokoh pahlawan Indonesia yang tidak hanya terkenal di dalam negeri saja tetapi namanya juga di abadikanoleh negara lain. Siapa saja dia ? mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman merupakan salah satu tokoh pahlawan Indonesia yang tidak hanya di hormati di Indonesia, tetapi juga di hormati oleh negara lain yaitu Jepang. Tanda penghormatan itu di abadikan dengan dibuatnya patung Jenderal sudirman di depan Kementerian Pertahanan Tokyo.

Bagi Jepang, Jenderal sudirman merupakan sosok yang berperan penting dalam sejarah Indonesia, khususnya dalam sejarah Indonesia-Jepang. Walaupun Jenderal sudirman merupakan musuh dalam peperangan tetapi masyarkat Jepang sangat menghomrati Beliau.

2. Bung Karno

Bung Karno

Siapa yang tak kenal dengan nama Bung Karno, presiden pertama RI ini tidak hanya di hormati dan dicintai oleh masyarkat Indonesia tetapi juga di hormati oleh negara lain. Bahkan nama Bung Karno banyak dijadikan nama untuk suatu jalan atau bangunan di negara lain, hal ini dilakukan untuk mengenang jasa-jasa Beliau.

Di Mesir dan Maroko, mereka mengabadikan nama soekarno dengan cara menjadikannya nama jalan. Tah hanya itu, Kuba juga mengenang nama soekarno dan cara menjadikannya gambar perangko resmi negara tersebut. Sedangkan di Rusia, nama Soekarno sendiri di jadikan nama masjid yakni Masjid Biru Soekarno

3. Bung Hatta

Bung Hatta

Bung Hatta merupakan wakil presiden Indonesia pertama kali, pada waktu itu beliau mendampingi Bung Karno yang menjadi presiden. Sebagai tokoh proklamator yang banyak berjasa bagi Indonesia nama Bung Hatta tidak hanya di abadikan di Indonesia saja tetapi Belanda pun mengabadikan nama Beliau dengan menjadikan nama Bung Hatta sebagai nama jalan

4. Syutan Syahrir

Syutan Syahrir

Syutan Syahrir merupakan perdana menteri pertama Indonesia, beliau sama halnya dengan Bung Hatta yaitu membantu kemerdekaan Indonesia dengan cara menggalang kekuatan bersama pelajar Indonesia yang tinggal di belanda. Walaupun sangat merepotkan Belanda, ternyata hal ini tak membuat negara tersebut dendam bahkan nama Syutan Syahrir dijadikan nama jalan di Kota Harlem, Belanda.

5. R.A Kartini

R.A Kartini

Mungkin bagi masyarakat Indonesia nama R.A Kartini sudah tidak asing lagi di telingga kita karena beliau dianggap sebagai pahlawan wanita yang telah memperjuangkan hak-hak wanita agar bisa setara dengan pria baik itu dari segi pendidikan, politik dan lainnya.

Bahkan sampai saat ini karya tulisan  R.A Kartini yang berjudul 'Habis Gelap Terbitlah Terang' terus di ingat dan tidak terlupakan. Karena jasanya ini, akhirnya R.A Kartini tidak hanya terkenal di didalam negeri tetapi juga laur negeri. Untuk mengabadikan namanya, Belanda menjadikan nama R.A. Kartini sebagai nama jalan di antaranya di Utrecht, Venlo, Harleem, dan Amsterdam.

Itulah pahlawan Indonesia yang terkenal hingga luar negeri sehingga nama mereka di abadikan dalam bentuk patung maupun nama-nama jalan di negara tersebut.




loading...

Loading...