5 Manfaat Menulis Bagi Kesehatan Otak


Kegiatan menulis sudah diajarkan sejak dini oleh orangtua terhadap anaknya. Namun dengan seiring waktu dan canggihnya akan teknologi jaman sekarang membuat para anak menjadi malas menulis. Biasanya pekerjaan sekolah mereka digantikan alat canggih dan mereka hanya tinggal mengcopy pekerjaan yang sudah ada. Atau mungkin mereka lebih senang mengetik dikomputer ketimbang menulis tangan.

Pasalnya mereka lebih memilih mengetik, karena menulis tangan dapat menghabiskan banyak waktu dan membuat mereka menjadi jenuh. Eits, padahal menulis tangan itu sangat bermanfaat sekali lho untuk otak kalian. Kamu harus tahu bahwa menulis dengan tangan dapat melatih otak menjadi lebih kreatif dan cerdas. Tidak percaya? Yuk kita simak 5 manfaat dari menulis menggunakan tangan ketimbang komputer :

Manfaat Menulis bagi kesehatan otak

1. Memiliki efek menenangkan
Menulis tangan dapat memberikan anda efek yang menenangkan karena dengan menulis tangan otak anda akan bekerja dengan baik. Luangkan waktu untuk menulis tangan 20 kali setiap hari dengan memikirkan sesuatu hal yag ingin anda tulis. Misalnya, “ aku bahagia” hal tersebut akan memberikan dampak yang positif bagi otak anda. Sehingga tulisan yang anda tulis 20 kali dalam sehari itu akan membuat otak menjadi baik.

2. Mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan
Dengan menulis tangan anda akan mendapatkan imajinasi-imajinasi yang akan membuat otak akan lebih cepat dalam berpikir karena dengan menulis tangan bagus sekali untuk otak kiri dan kanan anda mereka akan bergabung dan memberikan sesuatu hal yang membuat otak anda lebih beik dalam berpikir.

3. Meningkatkan keterampilan kognitif
Bagi anak-anak, menulis dengan tangan bisa menjadi alat dalam meningkatkan keterampilan kognitif. Jadi sangat baik sekali jika mereka mengerjakan PR mdengan menulis tangan.

4. Meningkatkan kreativitas
Jika anda dalam keadaan jenuh cobalah mengambil alat sederhana yang satu ini yaitu pena dan kertas kemudian cobalah untuk memainkan pena diatas kertas. Dengan begitu hal ini akan memberikan dampak positif sehingga membuat otak anda lebih kreatif.

5. Meningkatkan memori
Menulis tangan akan lebih meningkatkan ingatan anda daripada mengetik menggunakan keyboar. Sebab seseorang yang menulis tangan akan lebih cermat dengan apa yang ditulisnya sehingga membangkitkan ingatan-ingatan mereka.

Nah itulah manfaat dari menulis tangan untuk anda. Banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan dari menulis tangan dan akan membuat otak anda lebih baik dalam berpikir dan menampilkan ide-ide. Jadi apakah anda sudah tertarik untuk menulis tangan hari ini?


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==