4 Tokoh Sejarah Indonesia Yang Masih Menjadi misteri


Sejak merdeka pada tahun 1945, Indonesia berdiri menjadi negara yang bebas tanpa ada di bawah perintah negara lain sehingga tak heran apabila semua rakyat Indonesia sangat gembira pada waktu itu karena seperti yang kita ketahui bawah negara kita telah dijajah selama berabad-abad oleh negara asing. Walaupun kini Indonesia telah menjadi negara yang merdeka tetapi kita tidak boleh melupakan sejarah para tokoh tanah air yang dengan gagah berani melawan penjajah hingga mempertaruhkan jiwa raganya.

Tokoh sejarah yang misterius

Nah, berbicara mengenai sejarah maka kali ini kita akan membahas beberapa tokoh sejarah Indonesia yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Siapakah dia ? yuk kita simak tulisan dibawah ini.

1. Tan Malaka
Apakah Anda pernah mendengar nama Tan Malaka ? saya rasa hampir setiap kita pernah mendengar nama ini, biasanya pada bangku sekolah khususnya dalam pelajaran sejarah kita pasti menemukan pembahasan mengenai Tan Malaka. Tan Malaka merupakan salah satu tokoh sejarah Indonesia yang masih menjadi misteri keberadaanya hingga sampai saat ini, walaupun ada kabar yang mengatakan bahwa Tan Malaka tewas dibunuh pada 21 Februari 1949 atas perintah Letda Soekotjo dari Batalyon Sikatan, Divisi Brawijaya di daerah Kediri, Jawa Timur namun makamnya tidak pernah ditemukan.

Tan Malaka atau yang bernama asli Sutan Ibrahim gelar Datuk Tan Malaka itu merupakan sosok yang peling di cari oleh pemerintah Belanda maupun Soekarno. Namun karena kepiawaianya dalam menyamar membuat dirinya sangat sulit untuk ditemukan. Hingga samapai saat ini Tan Malaka masih menjadi misteri tersendiri dan tidak banyak orang yang mengetahui serta mengenal seperti apa sosok Tan Malaka tersebut.

2. Gunadarma
Gunadarma merupakan salah satu sosok misteri yang selalu dikaitkan dengan candi borobudur, bahkan banyak isu yang mengatakan bahwa Gunadarma merupakan arsitektur didalam proyek pembangunan raksasa yaitu pemberian sebuah “kulit” untuk membangun candi borobudur. Sebelumnya kaum brahmana telah meletakan dasar pada sebuah tempat pemujaan yang merupakan cikal bakal tempat berdirinya candi borobudur nantinya.

Namun sampai saat ini tidak keterangan siapakah kaum brahmana tersebut dan tidak ada catatan mengenai kelompok tersebut. Selain itu, juga tidak ditemukan catatan resmi tentang siapa itu Gunadarma, banyak orang beranggapan bahwa nama Gunadarma adalah sebuah simbol bukanlah nama seseorang.

Hingga sampai saat ini hubungan antara Gunadarma dan candi borobudur masih belum ada titik terangnya dan masih menjadi misteri. Jika memang benar Gunadarma adalah arsitek candi borobudur maka patut diacungi jempol karena tanpa teknologi yang ada pasa saat itu Ia bisa merencanakan semuanya dengan tepat

3. Supriyadi
Supriyadi merupakan salah satu tokoh sejarah yang cukup dikenal, jika Anda baca buku sejarah maka pasti kita menemukan kisah mengenai pemberontakan Supriyadi pada Jepang. Awalnya Jepang mendirikan pasukan atau tentara yang bertujuan untuk membantu mereka dan kelompok tersebut dinamakan PETA dengan Supriyadi sebagai pimpinan. Walaupun bentukan Jepang, anggota PETA merupakan seluruhnya orang Indonesia

Nah, setelah melihat kesewanangan Jepang terhadap Tentara PETA akhirnya membuat Supriyadi memberontak dan berbalik melawan Jepang. Namun pemberontakan yang dilakuakn oleh Supriyadi ini bisa ditumpas oleh Jepang melalui HEIHO, yaitu kelompok bentukan pasukan Jepang juga.

Semenjak pemberontakan tersebut Supriyadi hilang dan tidak tahu dimana keberadaanya. Banyak kabar yang mengatakan bahwa Supriyadi telah tewas namun hingga sampai saat ini tidak diketahui dimana makamnya. Sosok Supriyadi hilang secara misterius hingga sampai saat ini, dan yang lebih parahnya lagi banyak bermunculan sosok-sosok orang yang mengaku sebagai Supriyadi.

4. Perobek Bendera Belanda di Hotel Oranje
Tokoh sejarah Indonesia selanjutnya yang menjadi misteri adalah perobek bendera Belanda di hotel Oranje. Pada saat itu tersiar kabar bahwa ada orang yang bernama Mr. Ploegman mengibarkan bendera Belanda di hotel Oranje. Mendengar kabar ini membuat para arek-arek suroboyo menjadi marah dan tidak terima karena hal ini dianggap sebagai penghinaan karena memang pada saat itu kita sudah merdeka.

Karena ulahnya ini Mr. Ploegman akhirnya dibunuh oleh seorang pemuda yang mendekati dirinya dan ditusuk dengan pisau bertubi-tubi. Ribuan masa yang membahana di depan hotel tersebut membuat teriakan agar segera menurunkan bendera berwarna biru, merah dan putih tersebut dan akhirnya warna biru pada bendera tersebut di robek sehingga hanya terlihat warna merah dan putih yang berkibar di angkasa. Kondisi pada saat itu sangat kacau sehingga para saksi sejarah sangat sulit untuk mengetahui siapa orang yang merobek bendera di hotel Oranje tersebut

Nah itulah 4 tokoh sejarah Indonesia yang masih menjadi misteri hingga sampai saat ini karena tidak ada keterangan resmi mengenai keberadaan mereka.




loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==