5 Jenis Batu Akik Indonesia yang Paling Dicari

loading...

loading...
Deman batu akik masih melanda masyarakat Indonesia mulai dari sabang hingga merauke  baik itu anak-anak, remaja, dan orang dewasa tak ketinggalan untuk mengkoleksi batu akik.  Untuk mendapatkan batu akik yang berkualitas dan berharga mahal banyak orang yang rela keluar masuk hutan, bahkan sampai menaruhkan nyawa mereka.

5 Jenis Batu Akik Indonesia yang Paling Dicari


Pesona batu akik benar-benar mampu menyihir sebagian masyarakat Indonesia, bahkan setiap daerah memiliki batu unggulan tersendiri dan di klaim memiliki kualitas yang bagus. Namun walaupun demikian ternyata tidak semua batu unggulan yang terdapat di setiap daerah provinsi di Indonesia di sukai oleh orang banyak.

Nah, jika anda penggemar batu akik maka kali ini kami akan memberikan informasi seperti yang dikutip dari JPNN.com bahwa ada 5 jenis batu akik indonesia yang paling diburu.  Penasaran apa saja ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Bacan
Batu mulia asal Pulau Kasiruta, Halmahera Selatan, Maluku Utara, ini sejatinya telah tersohor hingga mancanegara.Bukan hanya di masa kini, melainkan sejak abad pertengahan saat tanah air menjadi pusat rempah-rempah dunia. Batu yang dianggap ’’batu hidup’’ ini belum tergeser di peringkat teratas.

2. Idocrase
Kebanyakan batu ini berwarna lumut hijau atau kadang menyerupai warna solar, yakni cokelat kekuning-kuningan. Batu idocrase dikenal kaya jenis dan varian. Di Indonesia, sumber jenis batu permata ini ada di Sumatera Barat dengan brand terkenalnya Sungai Dareh serta Nanggroe Aceh Darussalam.

3. Chalcedony atau Kalsedon atau Anggur
Batu ini memiliki berbagai warna mulai merah, kuning, biru, hingga jingga. Tetapi yang utama ialah hijau.Batu ini seolah-olah diselimuti kabut, sehingga kelihatan memiliki cahaya kusam. Di Indonesia, batu jenis ini banyak dihasilkan di Pulau Obi, Maluku, Jawa Barat, Baturaja, dan Pacitan, Jawa Timur.Jenis kalsedon yang saat ini naik daun adalah rafflesia dari Bengkulu.

4. Akik Motif dan Gambar
Batu ini memiliki keistimewaan karena punya wujud atau motif gambar yang terukir secara alami. Ada batu akik yang punya gambar menyerupai ayam, tokoh, atau pemandangan.
Jangan heran, semakin unik gambar dalam batu akik ini, harga jualnya juga akan ikut terdongkrak. Batu gambar atau agate banyak ditemukan di Pacitan (Jawa Timur), Garut (Jawa Barat), dan Nusakambangan. Diyakini masih banyak lagi daerah penghasil batu gambar di Indonesia yang belum terkuak. Tetapi yang pasti, batu jenis ini tak akan lekang oleh zaman.

5. Kalimaya
Batu yang juga disebut opal ini merupakan batu permata (gem) yang lembek, tetapi banyak disukai orang. Harganya tergolong mahal. Opal bisa memancarkan cahaya berlian. Opal ditambang di India, Mesir, Australia, Meksiko. Khusus di Indonesia ada di Banten. Tidak berlebihan jika kalimaya dianggap sebagai batu terindah di dunia. Ciri yang paling menonjol adalah rintik pelangi atau kembang jarong yang menghiasi.

Baca Juga:

  1. 4 Faktor Penentu Harga Batu Akik Yang Harus Anda Ketahui
  2. Ingin Batu Akik Anda Mengkilap ? Coba 4 Cara ini

Nah itulah 5 jenis batu akik Indonesia yang paling diburu oleh para kolektor maupun penggemar batu akik biasa. Apakah anda mempunyai salah satu batu diatas ?



loading...

Loading...