Sejarah Gloomy Sunday, Lagu Kematian Yang Menyedihkan

loading...

loading...
Apakah anda pernah mendengar lagu Gloomy Sunday ? Konon lagu ini bisa membuat orang yang mendengarnya ingin mengakhiri hidupnya. Terlepas dari percaya atau tidaknya tetapi lagu ini memang telah banyak memakan korban sehingga tak heran apabila pemerintah Hungaria pernah melarang pemutaran lagu ini ditempat umum. Lagu Gloomy Sunday merupakan karangan dari Lazlo Javor yaitu seorang penyair dari Hungaria pada tahun 1935.

Kemudian karangan Syair yang diciptakan oleh Lazzlo tersebut dijadikan irama musik oleh Rezsoe Seresdan, tanpa disangka ternyata rekaman lagu tersebut disukai banyak orang dan meledak. Namun naas, selang beberapa lama dari peluncuran rekaman lagu tersebut kekasih Lazzlo mengakhiri hidupnya dan meningglkan surat yang berisi niat bunuh diri dari sang gadis yang berbunyi Gloomy Sunday.

Sejarah Gloomy Sunday, Lagu Kematian Yang Menyedihkan

Tentu saja hal ini membuat Lazzlo terpukul karena lagu yang Ia ciptakan sebenarnya untuk sang kekasih tetapi wanita tersebut malah mengakhiri hidupnya. Kejadian bunuh diri ini tidak hanya sampai disini, karena beberapa waktu kemudian kabar mengejutkan juga datang dari seorang pegawai negeri Hungaria yang mengakhiri hidup dengan menembak diri sendiri dan mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup di atas kopi lirik lagu Gloomy Sunday.

Kejadian ini terus berlanjut yaitu dimana ada seorang gadis yang nekat minum racun ketika sedang mendengarkan lagu Gloomy Sunday. Bahkan yang lebih mengerikan lagi yaitu kisah yang terjadi di sebuah restoran di Budapest yaitu dimana seorang pemuda menembak dirinya sendiri setelah band musik di restoran tersebut menyanyikan lagu Gloomy Sunday.

Melihat kekacauan yang terjadi akibat lagu ini dan ditambah situasi pemerintah Hungaria pada saat itu sedang tak terkendali maka pemutaran lagu Gloomy Sunday dilarang diputar ditempat-tempat umum. Namun ketenaran lagu ini tidak bisa dihentikan dan telah menyebar ke negara lain, bahkan Di Inggris lagu ini juga banyak memakan korban sehingga dilarang diputar di BBC (British Broadcasting Channel). Tak hanya Inggris, Amerika juga melarang pemutaran lagu ini di negaranya

Jika dihitung maka lagu ini telah ada 200 kasus dari seluruh dunia untuk upaya percobaan bunuh diri yang berkaitan dengan Gloomy Sunday. Bahkan pada tahun 1968, Rezsoe Seres yaitu orang yang mengubah Gloomy Sunday menjadi musik meninggal dengan melompat bunuh diri dari lantai delapan disebuah bangunan.

Bukan itu saja semenjak Ia mengubah lagu Gloomy Sunday menjadi musik, ia tidak bisa merilis lagu laris lainnya. Sebelum meninggal, Resz pernah mengungkapkan bahwa lagu yang sempat menjadi hits ini mewakilkan kepedihan hatinya karena entah mengapa dia tahu bahwa dia tidak akan pernah lagi membuat hits kedua. Lagu itu sudah menambah keputusasaan nya tentang hidup.

Kemudian Lagu ini dinyanyikan kembali oleh Bllie Holiday dan menjadi hits besar sehingga banyak diputar diberbagai stasiun radio dan yang lebih mencengangkan angka bunuh diri meningkat pesat ketika lagu ini diputar. Bahkan penyanyi yang mengcover lagu Gloomy Sunday versi Billie Holiday mengakhiri hidupnya di rumah ayahnya di Dundee pada tahun 1997.

Itulah sedikit sejarah Gloomy Sunday yaitu lagu kematian yang menyedihkan. Anda mau dengar lagunya ? silahkan simak video dibawah ini



Baca Juga

  1. 5 Lagu Anak-Anak Yang Mempunyai Kisah Mengerikan
  2. Ini Dia Sosok Gadis Cantik Yang Mengisi Suara Masha

Bagaimana menurut kalian ? jika anda penasaran dengan artinya ini berikut terjemahan lirik lagu Gloomy Sunday versi Indonesia

Minggu yang suram
Tanpa jam tidur yang nyenyak
Tersayang,bayanganku hanya tinggal dengan jumlahnya
Bunga putih kecil Tidak akan pernah membangunkan kamu
Tidak dimana pelatih hitam
Kesedihan telah bersama kamu
Malaikat tidak pernah berpikir untuk kembalikan kamu
Apa mereka akan marah,jika aku memikirkan bergabung dengan kamu?

Minggu yang suram
Minggu yang suram,dengan bayang-bayang
Aku menghabiskan itu semua
Hatiku dan aku
Telah memutuskan untuk mengakhiri semuanya
Segera akan ada lilin
Dan doa yang menyedihkan aku tahu
Biarkan mereka tidak menangis
Biarkan mereka tahu
Bahwa aku senang pergi
Kematian adalah mimpi
Kematian,aku membelaimu
Dengan jiwa terakhir dari jiwaku
Aku akan memberkatimu

Minggu yang suram
Bermimpi,aku hanya bermimpi
Aku bangun,dan aku menemukanmu sedang tertidur
Didalam hatiku,disini
Sayang,aku berharap bahwa mimpiku
Pernah menghantuimu
Hatiku untuk kamu
Betapa kuinginkan kamu

Minggu yang suram

loading...

Loading...