Pekerja Jalan Di China Temukan 43 Telur Dinosaurus


Dinosaurus merupakan hewan purbakala yang telah punah keberadaanya sekitar jutaan tahun lalu sehingga sampai saat ini kita hanya bisa melihat fosil-fosilnya saja yang telah ditemukan dan diabadikan di sebuah museum tertentu. Walaupun telah banyak ilmuwan yang menemukan bukti-bukti serta fosil dari dinosaurus tetapi makhluk yang satu ini masih menjadi misteri dan perdebatan mengenai alasan punahnya binatang yang memiliki ukuran tubuh sangat besar ini.

Pekerja Jalan Di China Temukan 43 Telur Dinosaurus

Seperti baru-baru ini yang terjadi di Guandong, China yaitu dimana para pekerja yang sedang memperbaiki jalanan di kota Heyuan menemukan puluhan telur Dinasaorus ketika sedang bekerja. Penemuan ini tentu saja mengejutkan para pekerja dan mereka langsung melaporkannya kepada pihak otoritas kepurbaklaan setempat.

Telur yang berjumlah 43 buah tersebut diperkirakan berusia 65 juta tahun hingga 230 juta tahun silam yaitu tepatnya dari masa Mesozoic.Menurut sejarah memang pada tahun tersebut adalah masa dimana hewan-hewan besar seperti Tyrannosaurus menguasai Bumi. Dari 43 telur yang ditemukan tersebut tersebut hanya 19 yang masih utuh bentuknya.

Telur Dinasourus tersebut berasal dari 14 jenis fosil yang berbeda ujar Du Yuanli, seorang arkeolog yang juga mengelola museum setempat. Hingga kini telur-telur tersebut masih diteliti untuk memastikan usia dan spesies jenis apa di telur tersebut. Telur yang terbesar memiliki diameter 13 sentimeter.

"Telur-telur itu ditemukan di bebatuan pasir merah, sebuah lingkungan tempat telur-telur dinosaurus banyak ditemukan," kata Yuanli. "Penelitian lebih lanjut terhadap fosil-fosil telur itu akan dilakukan untuk menentukan spesies di telur-telur tersebut," tambah Yuanli.

Memang kota Heyuan adalah daerah yang paling banyak menyimpan benda-benda purbakala sehingga tak heran apabila di sana sering ditemukan Fosil dinosaurus, tulang belulang, jejak kaki, dan puluhan telur. Maka dari itu Heuyan juga biasa disebut sebagai “titik panas” fosil dinosaurus karena memang diberbagai lokasi kota tersebut kerap ditemukan jejak purbakala.

Baca Juga :
  1. Mengerikan, Di China Ada Pernikahan Antar Mayat  
  2. 5 Trend Aneh Yang Hanya Ada Di China  
Yuanli meminta para warga dan pekerja untuk waspada jika mereka menemukan kembali fosil hewan purba atau telur purba. Dia meminta mereka segera melaporkan temuannya kepada pemerintah.

Pada 2004, Museum Fosil Dinosaurus Heyuan tercatat dalam buku rekor Guinness World Records karena menyimpan koleksi telur dinosaurus dengan jumlah terbesar di dunia, yakni 10.008 butir.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==