Ingin Ginjal Kuat? Konsumsi 6 Makanan Ini

loading...

loading...
Ginjal merupakan organ yang sangat vital bagi manusia karena disanalah tempat menyaring semua racun-racun sebelum dikeluarkan oleh tubuh melalui urine. Apabila fungsi ginjal anda terganggu maka sudah dipastikan akan berdampak besar bagi kesehatan tubuh, bahkan bisa mempengaruhi kinerja organ lainnya.


Mengingat tugas ginjal yang begitu berat maka kita harus mempunyai ginjal yang kuat agar bisa melakukan tugasnya dengan baik. Pertanyaan nya bagaimana caranya agar ginjal kita bisa kuat ? sebenarnya sangat sederhana yaitu cukup mengkonsumsi makanan yang sehat dan jangan lupa berolahraga.
 Jika anda penasaran maka silahkan simak 6 makanan dibawah ini yang bisa memperkuat ginjal anda.

1. Paprika Merah
Paprika merah mempunyai kandungan vitamin A, C, B6, asam folat, serat dan rendah kalium sehingga sangat bagus dikonsumsi agar ginjal anda semakin kuat. Walaupun paprika merah belum terlalu populer bagi kalangan masyarakat Indonesia tetapi tidak ada salahnya apabila sekali-sekali kita mencobanya agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

2. Kubis
Kubis biasanya dijadikan lalapan oleh sebagian orang karena sayur yang satu ini bisa dikonsumsi walaupun mentah. Kandungan vitamin K, C dan B6 serta rendah kalium membuat kubis sangat ramah untuk ginjal anda. Selain itu, kubis juga mengandung senyawa Fitokimia yang dipercaya mampu memecah radikal bebas yaitu senyawa penyebab kanker.

3. Kembang Kol
Apakah anda penggemar kembang kol ? sayuran yang satu ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Kandungan vitamin C, folat dan serat didalam kembang kol dipercaya bisa memperkuat ginjal, selain itu sayuran yang satu ini juga mampu menetralisir racun didalam hati. Konsumsilah kembang kol secara teratur sesuai yang selera anda, usahakan selalu memilih sayuran yang segar agar vitaminnya tetap terjaga.

4. Bawang Putih
Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur yang sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menyedapkan masakan. Namun selain itu bawang putih juga bermanfaat untuk ginjal anda, kandungan didalamnya mampu mengurangi peradangan serta sebagai penangkal radikal bebas.

5. Bawang Merah
Jika tadi bawang putih maka saat ini kita akan bahas saudaranya yaitu bawang merah. Kandungan flavonoid khususnya quercetin didalam bawang merah mampu mencegah penumpukan lemak dalam pembulu darah. Selain itu, bawang merah juga bisa sebagai anti-inflamsi sekaligus pencegah kanker.

6. Apel
“Makan apel satu buah sehari akan memperpanjang usia anda” opini tersebut seperti terbukti benar karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah apel memiliki kandungan yang baik bagi tubuh kita bahkan juga untuk ginjal. Selai itu, buah apel juga bisa mengurangi kolesterol mencegah sembelit serta mengurangi resiko kanker.

Itulah 6 makanan yang bisa memperkuat ginjal anda. Bagaimana mudah bukan ? bahkan makanan tersebut sering kita temukan dalam kehidupan sehari.

loading...

Loading...