5 Khasiat Serai Bagi Kesehatan Tubuh

loading...

loading...
Kalian sudah pasti tahu kan dengan bahan pemasak yang satu ini? Ya serai adalah salah satu bahan pemasak yang memiliki keharuman yang luar biasa. Tak hanya dijadikan bahan untuk memasak tetapi banyak kandungan yang terkandung didalam serai ini. Selain itu serai juga dapat dijadikan bahan pembuatan seperti minyak, body lotion dan juga sebagai bahan pembuatan sabun.

Serai memiliki kandungan antimikroba dan antibakteri sehingga sangat baik untuk menjaga tubuh anda dari infeksi. Sangat banyak khasiat yang terdapat didalam serai yaitu salah satunya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti sakit gigi dan sakit maag. Selain alami, serai juga sangat mudah ditemukan dan harganya juga terbilang cukup terjangkau dipasaran.

5 Khasiat Serai Bagi Kesehatan Tubuh

Jika penasaran maka silahkan sima tulisan dibawah ini mengenai 5 khasiat serai bagi kesehatan tubuh yang mungkin jarang diketahui orang.

1. Obat batuk
Jika anda sedang mengalami gangguan kesehatan, seperti batuk. Anda dapat menggunakan bahan serai untuk menyembuhakannya. Hal ini dipastikan akan membantu meredakan batuk yang diderita. Cara membuat nya, cuci 5 gram daun serai lalu rebus dengan segelas air tunggu selama 15menit. kemudian salin air rebusan tersebut dan bagi mejadi 2 kedalam gelas. Konsumsi pagi dan sore hari.

2. Obat keseleo
Jika anda keseleo atau terkilir anda dapat menggunakan serai untuk bahan sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakitnya. Caranya, siapkan 2batang serai, ambil 3 buah kemiri tuangkan sedikit air lalu tumbuk tidak perlu terlalu halus. Panaskan diatas api lalu tempelkan serai tersebut dibagian yang keseleo. Dan hasilnya rasa sakit akibat keseleo akan berkurang.

3. Obat sakit gigi
Selain itu serai juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Karena serai memiliki kandungan antibakteri, jadi jika anda berkumur dengan air serai tersebut akan sangat membantu anda mengatasi masalah sakit gigi anda.

4. Obat sakit maag
Ambil 40 gram serai, rebus dengan menggunakan 2 gelas air dan tunggu 10 menit. air dari rebusan serai sangat bermanfaat bagi anda penderita sakit mahg. Untuk hasil yang maksimal konsumsi ar serai 2 kali sehari.

5. Obat pengusir nyamuk
Dirumah anda banyak nyamuk? Jangan risau, karena ada obat yang dapat anda gunakan untuk mengusir nyamuk-nyamuk tersebut. Anda dapat menggunakan daun serai sabagai alat untuk mengusir nyamuk. Caranya, letakan daun serai dan minyak zaitun dalam wadah. Lalu nyalakan lilin dibawah wadah aromaterapi. Hal itu akan sangat bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Karena aroma wangi seperti itu tidak disukai oleh nyamuk.

Nah sudah tau kan banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari serai. Jika anda mempunyai keluhan seperti di atas lakukan cara-cara diatas untuk mengatasi rasa sakit yang anda derita. Namun harus anda ketahui minyak serai sangat panas, jadi bagi anda yang mempunyai kulit sensitif jangan secara langsung menggunakan pada kulit karena akan membuat iritasi pada kulit anda.

Baca Juga:

  1. 8 Ciri-Ciri Orang Yang Sering Digigit Nyamuk
  2. 4 khasiat tersembunyi buah apel untuk kesehatan tubuh

Disarankan bagi anda jika mempunyai kulit yang sensitif, agar menambahkan pelarut sebelum kedalam minyak serai agar tidak terlalu pekat. Oleskan sedikit saja ke bagian kulit, jika terjadi iritasi hentikan pemakaian.

Itulah 5 khasiat serai bagi kesehatan tubuh yang mungkin jarang orang ketahui.

loading...

Loading...