Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Air

loading...

loading...
Apakah anda ingat bahwa hari ini adalah hari air sedunia ? ya, mungkin ada sebagian orang yang tidak ingat dan mungkin juga ada sebagian orang yang ingat. Nah, mumpung hari ini adalah hari air sedunia maka tidak ada salahnya apabila hari ini kita membahas mengenai pentingnya air bagi kehidupan manusia.

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Air

Seperti yang kita ketahui bahwa air merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup di atas bumi ini, tidak hanya manusia tetapi hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air agar bisa tetap bertahan hidup.karena begitu vitalnya peran air bagi kehidupan maka kita wajib untuk menjaga dan menghemat penggunaan air agar air tidak habis dimasa yang akan datang.

Tahukah kamu bahwa ternyata 70% permukaan bumi terdiri dari air. 97% air di bumi adalah AIR ASIN, dan hanya 3% berupa AIR TAWAR dan lebih dari 2/3 AIR TAWAR berada dalam bentuk es di glasier dan kutub. Sisa 1/3 dari AIR TAWAR yang tidak membeku dapat ditemukan terutama di dalam tanah berupa AIR TANAH, dan hanya sebagian kecil berada di atas permukaan tanah dan di udara.

AIR TAWAR yang kita pergunakan hanya 0.7% air didalam tanah dan 0.3% Air dipermukaan tanah dan udara, jadi air yang dipergunakan oleh mahluk hidup hanya 1% dari total jumlah air didunia. Dan hanya 0.5% Air Tawar yang layak konsumsi. Air adalah zat yang tidak pernah berkurang sejak Tuhan menciptakan dunia tetapi kuantitas dan kualitas air tawar yang layak buat manusia terus berkurang.

Nah seperti penjelasan diatas, walaupun air dibumi tidak pernah berkurang tetapi air yang layak konsumsi jumlahnya semakin berkurang. Memang kalian mau minum air yang tercemar ? sudah pasti tidak ada yang mau karena mengkonsumsi air yang tercemar bisa menyebabkan berbagai penyakit pada manusia.

So, mulailah dari sekarang untuk menghemat air dari diri kita sendiri tidak perlu berkoar-koar untuk mengkampanyekan hemat air tetapi kita sendiri masih belum bisa untuk menghemat air. Mulailah dari hal-hal yang sederhana Misalnya, tidak membiarkan kran bocor di rumah kita. Kran bocor mungkin sepele. Tetapi, jika kebocoran itu ditampung, kamu akan kaget melihat jumlahnya.

Selain itu, kita juga harus menjaga kondisi sumber-sumber mata air yang ada disekitar kita agar tidak tercemar oleh limbah sehingga masyarakat di sekitar daerah tersebuttidak kekurangan pasokan air bersih yang layak konsumsi. Usahakan juga untuk selalu rajin menanam pohon agar air hujan yang jatuh ke bumi bisa terserap dengan oleh tana.

Semakin banyak pohon yang anda tanam maka akan semakin bagus karena sudah pasti air hujan akan semakin banyak terserap oleh tanah sehingga jumlah air tanah didaerah kita jumlahnya berlimpah. Nah, apabila air tanah sudah berlimpah maka akan dengan mudah terbentuk sumber mata air secara alami.

Bijaklah dalam menggunakan air agar anak cucu kita nanti tetap bisa menikmati indahnya hidup didunia ini.

loading...

Loading...