5 Kecelakaan Pesawat Akibat Pilot Bunuh Diri


Beberapa bulan silam kita dikejutkan dengan beberapa kecelakaan pesawat terbang, bahkan tidak hanya di luar negeri tetapi juga terjadi di Indonesia. Walaupun pesawat-pesawat yang terjatuh karena kecelakaan tersebut sudah ada yang ditemukan namun ada sebagian lagi yang masih menjadi misteri dan sangat sulit ditemukan.

5 Kecelakaan Pesawat  Akibat Pilot Bunuh Diri

Kecelakaan pesawat ini sendiri biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti cuaca, human error hingga yang tak biasa adalah munculnya dugaan kasus pilot yang bunuh diri. Nah, ngomong tentang bunuh diri maka dibawah ini ada 5 kecelakaan pesawat yang di duga akibat pilotnya bunuh diri. Penasaran ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Mozambique Airlines Flight TM470
Mozambique Airlines merupakan pesawat buatan brazil yang terbangdari Maputo, Mozambique dengan tujuan Luanda, Angola. Namun pesawat milik Mozambique Airlines type Embraer 190 tersebut jatuh dikawasan terpencil di Nambia. Pesawat yang mengangkut 33 penumpang ini di duga terjatuh karena sang pilot dengan sengaja bunuh diri yaitu hal ini terlihat dari kotak hitam yang menunjukan bahwa pilot tiba-tiba mematikan mesin dan memasang auto pilot untuk turun dari ketinggian 38.000 kaki ke nol.

Hal yang memperkuat dugaan bahwa pilot tersebut bunuh diri yaitu cuaca, dimana pada saat kejadian cuaca sangat bagus dan tidak ada ancaman bahaya apapun. Pesawat tersebut hancur menghempas bumi karena menukik dengan kecepatan 6000 kaki per-menit . Menurut kabar bahwa pilot tersebut bunuh diri diduga akibat frustasi karena masalah rumah tanggannya dan ditambah ia baru saja kehilangan anak lelakinya.

2. Egyptair Flight 990
Egyptair merupakan pesawat yang juga mengalami kecelakaan pada tahun 1999 dan penyebab jatuhnya diduga akibat sang pilot bunuh diri dan menjatuhkan pesawat tersebut di samudra atlantik. Pesawat terbang Egypt Air type Boeing 767-300 dengan nomor penerbangan 990 membawa 217 penumpang dan semuanya meninggal karena kecelakaan tersebut.

Hal ini terungkap berkat hasil penyelidikan dari kotak hitam pesawat yang berhasil ditemukan oleh tim investigasi setempat. Sebelum pesawat jatuh ternyata co-pilot Gameel El-Batouty berada sendirian di cockpit dan mengunci semua pintu dan mematikan auto-pilot serta menukikkan pesawat.

Dari rekaman yang ada terdengar kata terakhir yang diucapkan oleh El-Batouty adalah potongan dari kalimah syahadat "saya percaya kepada Allah" sebanyak 11 kali. Walaupun banyak orang yang menduga bahwa kecelakaan pesawat ini akibat sang pilot bunuh diri tetapi pada laporan resmi yang berisi 180 halam tidak menyebutkan bahwa pilot tersbut bunuh diri tetapi melainkan "penyebab yang tidak bisa dijelaskan."

3. Silk Air Flight 185
Jika diatas terjadi diluar negeri maka kali ini ada juga dari dalam negeri yaitu Silk Air, pesawat boeing 737-300 yang terjatuh di sungai Musi Palembang pada tahun 1997 diduga akibat sang pilot bunuh diri. Pesawat yang dipiloti oleh Tsu Way Ming warga negara asal Singapura ini tiba-tiba saja menurunkan pesawat dari ketinggian 35.000 kaki dengan kecepatan supersonik.

Pesawat yang membawa 104 penumpang tersebut disebutkan terjatuh dengan tidak wajar karena cuaca pada saat itu sangat bagus dan kondisi pesawat juga masih baru. Pada saat kejadian perekan suara pada cockpit sengaja dimatikan, kemudian ada laporan yang mengatakan bahwa sang pilot sedang menghadapi masalah pribadi yang serius.

4. Japan Airlines 1982
Kecelakaan pesawat Japan Airlines juga akibat sang pilot mencoba untuk bunuh diri, hal ini diperkuat dengan bukti yang jelas yaitu dimana ketika pesawat siap lepas landas sang pilot menarik tuas untuk mengerem dua mesin. Dari rekaman suara di cockpit terdengar adanya teriakan dari perwira pertama dan teknisi pesawat yang membentak sang pilot Seiji Katagiri untuk menghentikan tindakannya.

Walaupun mengalami kecelakaan namun pesawat milik Japan Airlines DC 8 seri61 yang membawa penumpang tersebut masih bisa dikatakan beruntung karena dari 147 penumpang hanya ada 24 penumpang yang meninggal. Laporan resmi Japan Airlines menyebutkan: pilot Katagiri mengidap penyakit psikosomatis, tapi masih digolongkan layak terbang.

5. MH370
Kecelakaan pesawat MH370 mungkin yang paling heboh pada tahun 2014 silam dimana hingga sampai saat ini pesawat yang membawa 239 penumpang tersebut belum juga ditemukan, padahal tim pencarian pesawat ini sudah meliputi 26 negara namun belum juga mendapatkan hasil. Maka tak heran apabila banyak kabar yang beredar bahwa kecelakaan pesawat tersebut disengaja karena sang pilot bunuh diri.

Terlepas benar atau tidaknya kabar tersebut kita masih menunggu tim penyelidikan yang terus berusaha menemukan kotak hitam pesawat tersebut.

Itulah 5 kecelakaan pesawat yang diduga akibat pilotnya bunuh diri. Semoga hal ini tidak terjadi dan terulang kembali kedepannya sehingga kitapun para penumpang tidak khawatir untuk berpergian menggunakaan pesawat terbang.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==