4 Faktor Penentu Harga Batu Akik Yang Harus Anda Ketahui


Apakah anda penggemar batu akik ? jika iya maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini agar tidak tertipu dan bisa mengetahui dan menentukan harga batu akik. Belakangan ini batu akik memang menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia sehigga tak heran apabila banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencari dan menjual batu akik.

4 faktor Penentu Harga Batu Akik

Di Indonesia, batu akik tidak hanya digemari oleh orang dewasa saja tetapi juga di gemari oleh anak-anak, remaja, hingga kaum wanita. Nah, karena begitu fenomenal nya batu akik maka tak heran jika harga jualnya sangat tinggi sehingga kita harus pintar-pintar dalam memilih mana batu akik yang asli dan mana yang bukan.

Berikut dibawah ini ada panduan sederhana yaitu 4 cara untuk menentukan harga batu akik agar kita tidak tertipu oleh penjual batu akik. Penasaran apa saja ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Warnanya
Nilai jual atau harga batu akik bisa anda bedakan dari warnanya, jangan terburu-buru untuk membeli batu akik dan termakan bujuk rayuan penjual. Perhatikan warnanya, karena hal tersebut mempunyai khasiat, manfaat dan nilai estetis tersendiri. Selain itu, batu akik memiliki tingkat warna yang beragam dan setiap warna sudah pasti memiliki harga yang beragam

2. Kejernihan
Sebelum membeli dan menawar harga batu akik maka perhatikan kejernihannya karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas dan nilai jual batu akik tersebut. Pastikan batu akik memiliki warna yang jernih, tembus cahaya (beberapa jenis batu) dan memiliki tekstur mengkilap seperti kristal. Batu akik asli akan selalu memiliki inklusi atau ketidaksempurnaan yang merupakan pola alami dari batu akik meskipun hanya berupa titik.

3. Potongan Atau Gosokan
Kemudian ketiga yang menentukan harga batu akik adalah potongan atau gosokannya. Biasanya batu mulia yang memiliki potongan yang khas dan sesuai dengan jenis batu tersebut maka harganya akan semakin tinggi, misalnya berlian yang memiliki potongan atau bentuk standar sehingga bisa berkilau akan memiliki harga yang tinggi.

4. Berat Dan Ukuran
Dan yang terakhir adalah berat dan ukuran batu akik yang menjadi faktor penentu harga batu mulia tersebut. Jika anda ingin membeli batu akik maka perhatikan berat dan ukurannya sebelum menawar harganya agar anda tidak tertipu oleh penjual batu akik yang menjual batu akik murah dengan harga tinggi.

Itulah 4 faktor penentu harga batu akik yang wajib anda ketahui agar tidak tertipu saat membeli. Selamat mencoba.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==