Sergio Canavero, Dokter Pertama Yang Mengaku Bisa Lakukan Tranplantasi Kepala


Apakah anda pernah mendengar seseorang yang melakukan transplantasi kepala ? saya rasa belum ada orang yang melakukan hal tersebut, bahkan sampai saat ini belum ada seorang dokter pun yang sanggup untuk melakukan transplantasi kepala. Biasanya hal ini hanya kita lihat di sebuah film saja dan tidak benar-benar terjadi didunia nyata.

Dokter Pertama Yang Mengaku Bisa Lakukan Tranplantasi Kepala

Namun bagi Sergio Canavero, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil dan bisa dilakukan oleh dirinya. Sergio adalah seorang ahli bedah asal Italia pertama yang mengaku mampu untuk melakukan transplantasi kepala dan berniat akan mengambil kepala dari seseorang yang mempunyai penyakit tak tersembuhkan dan dipindahkan ketubuh orang yang sehat.

Sergio sangat ambisius dengan proyek ini dan ia mengaku hanya butuh waktu 2 tahun untuk melakukan hal tersebut. Untuk biaya pengerjaan proyek ini sendiri, ia mematok dana sebesar £ 7.5 million atau sekitar Rp 149 miliar sebagai kompensasi tubuh baru yang akan digunakan untuk memberikan kehidupan untuk orang lumpuh.

Menurut Sergio Canavero, seseorang yang mengalami lumpuh seperti Christopher Reeve yaitu seorang aktor superman yang pernah cedera tulang belakang juga bisa melakukan transplantasi kepala. Walaupun mereka memiliki tubuh yang baru namun tetap bisa memiliki kepala mereka sendiri. Teknik ini dinamakan ultimate cosmetic surgery yaitu teknik yang bisa memperpanjang umur orang yang sehat.

Proyek ini mendapat kritik keras dan masyarakat mengangap Sergio Canavero adalah orang yang hanya bisa berfantasi. Walaupun demikian, dokter ini tetap pada pendirianya dan mengklaim telah menguasai semua teknik yang diperlukan untuk proyeknya. Bahkan ia mengatakan bahwa teknik ini sudah dialakukan sejak 40 tahun silam dan telah diuji coba pada monyet dan tikus yang baru saja di lakukan di China.

Dr Canavero berharap bisa melakukan tranplantasi kepala pada tahun 2017 dan ia juga sudah mengklaim memiliki daftar pasien yang panjang. Hal ini akan ia umumkan pada konferensi medis di musim panas ini agar mendapat dukungan untuk melakukan transplantasi kepala pertama kali didunia. Walaupun lokasinya belum diputuskan, tetapi dokter bedah, dari Turin Advanced Neuromodulation Group, mengatakan bahwa ia akan sangat senang apabila operasi pertama tersebut dilakukan di London.

Cara kerjanya sendiri adalah pertama sang dokter akan mengambil tubuh pendonor yang normal tetapi otaknya sudah mati dan kepalanya akan diganti dengan kepala pasien. Pendonor kepala maupun pasien akan diputuskan dari sum-sum tulang belakang pada saat bersamaan dan kemudian kepala pasien akan dipindahkan kepada tubuh pendonor. Agar kepala dan badan menyatu, sang dokter menggunaka “lem” yang polyethylene glycol untuk memadukan dua ujung tulang belakang bersama-sama. Setelah itu, otot-otot dan suplai darah akan dijahit.

Pada saat melakukan transplantasi ini, pasien akan dibuat koma selama empat minggu agar mereka tidak bergerak-gerak selama proses penyembuhan hingga sampai sembuh secara bersama-sama. Nah, itulah dokter pertama yang akan melakukan proses transplantasi kepala.

Bagaimana menurut pendapat anda ? atau mungkin anda berniat untuk mencobanya.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==