Benarkah Gerakan Sholat Bermanfaat Bagi Kesehatan ? Ini Penjelasannya

loading...

loading...
Apakah anda seorang muslim ? jika iya maka sudah pasti mengetahui bahwa sholat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dijalani oleh seluruh umat muslim didunia tanpa terkecuali. Sholat merupakan rukun islam yang kedua dan dianggap sebagai tiang agama sehingga wajib untuk ditegakan (dilaksanankan), karena apabila tiang tidak ditegakan maka runtuhlah islam yang ada didalam diri seseorang.

Sholat mempunyai gerakan khas yang wajib dilakukan oleh setiap muslim agar ibadah mereka sah dan sempurna sehingga tidak boleh salah didalam urutannya. Mulai dari Takbiratul ikhram hingga menggucapkan salam semua harus dilakukan dengan benar dan sempurna agar sholat yang anda lakukan tidak sia-sia tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan anda sendiri.

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

Nah, pada kali ini kita akan membahas mengenai manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh. Penasaran? Ini penjelasannya.

1. Takbiratul Ihram
Takbiratul Ihram merupakan gerakan pertama didalam sholat yaitu mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu didekap didepan perut atau bagian bawah dada.

Manfaatnya : Walaupun Nampak sepele hanya sekedar mengangkat kedua tangan anda tetapi ternyata gerakan ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan anda yaitu bisa melancarkan aliran darah , getah bening dan memberikan kekuatan pada otot lengan. Posisi jantung yang tepat berada dibawah otak menjadikan darah bisa mengalir lancar keseluruh tubuh.

Selain itu, saat kedua tangan diangkat maka akan terjadi peregangan pada bahu sehingga aliran darah dan oksigen menjadi lancar. Nah, ketika tangan didekapkan dibagian perut atau dibawah dada maka bermanfaat bagi kesehatan persendian anda terutama bagian atas.

2. Rukuk
Rukuk adalah gerakan kedua didalam sholat yaitu gerakan seperti menunduk namun posisi tulang punggung harus lurus, bahkan apabila diletakan air didalam gelas diatas punggung anda yang sedang menunduk maka tidak jatuh.

Manfaatnya : Gerakan menunduk atau rukuk yang dilakukan dengan sempurna sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang punggung anda sehingga posisinya akan lurus sempurna tidak bengkok, karena seperti yang kita ketahui bahwa tulang punggung berfungsi sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat sehingga harus benar-benar dijaga kesehatannya.

Selain itu, ketika kita rukuk maka aliran darah akan maksimal pada tubuh bagian tengah, hal ini dikarenakan posisi jantung yang sejajar dengan otak. Bahkan tangan yang bertumpu pada lutut saat kita melakukan rukuk juga bermanfaat untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga kebawah dan mencegah gangguan prostat.

3. I’tidal
I’tidal adalah gerakan ketiga dari sholat yaitu dimana posisi tubuh kembali tegak sesudah melakukan rukuk sambil mengangkat kedua tangan setinggi daun telingga.

Manfaatnya : Gerakan ini bermanfaat bagi pencernaan tubuh karena organ pada pencernaan seolah mengalami pemijatan dan pelonggaran.

4. Sujud
Sujud merupakan Gerakan keempat didalam sholat yaitu dimana posisi ini menundukan kepala ke sajadah sehingga posisi otak akan lebih rendah daripada jantung.

Manfaatnya : Karena posisi jantung tepat berada diatas otak maka hal ini sangat bagus bagi kesehatan otak. Sujud akan memuat darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal hingga sampai ke otak sehingga hal ini bisa membuat daya ingat seseorang menjadi meningkat.

Menurut penelitian, ada beberapa urat saraf di dalam otak manusia yang tidak dimasuki darah sedangkan setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal dan sempurna. Namun dengan melakukan gerakan sujud maka darah akan mengalir ke urat saraf tersebut.

5. Duduk
Duduk merupakan gerakan ke lima didalam sholat dan dilakukan berulang. Gerakan duduk ini ada dua yaitu tahiyyat awal dan tahiyyat akhir, hanya berbeda pada letak posisi telapak kaki saja.

Manfaatnya : Posisi ini membuat kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius sehingga sangat bermafaat sebagai penghilang nyeri pada pangkal paha. Sedangkan untuk duduk tahiyyat akhir sangat bermanfaat bagi kesehatan pria yaitu dimana posisi tumit menekan aliran kandung kemih, prostata, dan saluran vas deferens sehingga apabila dilakukan dengan benar maka bisa mencegah impotensi. 

6. Salam
Gerakan sholat yang terakhir adalah salam yaitu dimana kita memutar kepala kekanan dan kekiri secara maksimal.

Manfaatnya : Gerakan ini seperti senam ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh yaitu salah satunya adalah merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala serta menyempurnakan aliran darah di kepala. Selain itu gerakan ini bisa mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

7. Memperlancar proses melahirkan
Gerakan didalam sholat juga bisa membantu seorang wanita didalam proses persalinan sehingga mereka yang rajin melakukan sholat maka besar kemungkinan akan sangat mudah pada saat melahirkan anak. Hal ini disebabkan karena kebiasaan sujud yang menyebabkan otot perut menjadi berkembang lebih besar dan kuat sehingga tanpa disadari perut akan lebis elastis secara alami.

Selain itu, posisi sujud juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi wanita yaitu gerakan ini akan membuat pinggul dan pinggang menjadi terangkat melampaui kepala dan dada, otot-otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh sehingga kondisi ini akan melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama.

8. Baik bagi kesuburan
Posisi duduk tawaruk yaitu dimana punggung kaki diletakan diatas kaki kiri dan tumit kanan harus menekan pangkal paha kanan serta tumit kiri akan menekan daerah perineum dengan lembut sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan serta memperbaiki organ reproduksi wanita didaerah perineum. Duduk tawuruk ini dilakukan setelah kita sujud.

9. Mempercantik postur tubuh
Menurut beberapa penelitian gerakan sholat hampir mirip dengan gerakan yoga sehingga sangat bagus untuk kecantikan tubuh anda. Sholat tidak hanya sekedar ibadah tetapi gerakan-gerakan didalam sholat seperti telah dirancang oleh Allah SWT agar mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah gerakan sujud, dimana gerakan ini melatih kekuatan otot tertentu dan hal ini telah dibuktikan oleh penelitian.

10. Meningkatkan kecerdasan
Lagi-lagi gerakan sujud mempunyai manfaat yang luar biasa bagi seseorang yaitu salah satunya bisa meningkatkan kecerdasaan seseorang. Hal ini bahkan telah diungkap oleh penelitian, didalam penelitian mengatakan bahwa gerakan ini memudahkan pasokan darah yang kaya akan oksigen mengalir secara optimal ke otak manusia.

Gerakan sujud didalam sholat terbilang unik karena posisi otak yang berada dibawah jantung, bahkan posisinya lebih rendah dari pantat kita sendiri. Namun walaupun demikian sujud bisa membuat seseorang menjadi cerdas. Bahkan seorang dokter yang tak dikenal memluk islam setelah diam-diam melakukan penelitian pengembangan mengenai gerakan sujud ini

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat dari gerakan sholat bagi kesehatan tubuh kita. Ternyata selain sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kita kepada sang pencipta ternyata sholat juga mempunyai manfaat luar biasa lainya bagi kita terutama bagi kesehatan tubuh. Semoga tulisan ini bermanfaat..!!

loading...

Loading...