8 Tips Ampuh Untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan


Apakah anda sedang hamil pada saat ini ? jika iya pasti anda dan pasangan sudah tak sabar untuk menantikan kehadiran calon buah hati tersebut. Nah, bagi para bunda yang baru merasakan hamil untuk pertama kali tentunya ada perasaan senang bercampur khawatir karena mungkin pernah mendengar dari mulut ke mulut bahwa melahirkan sangat menyakitkan.

8 Tips Ampuh Untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Yup hal tersebut memang benar bunda, melahirkan itu butuh pengorbanan sehingga tak heran apabila ada orang yang mengatakan bahwa melahirkan bayi itu perjuangan antara hidup dan mati karena nyawa taruhannya. Namun walaupun demikian bukan berarti para bunda harus takut dan memilih untuk tidak hamil karena ternyata ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit ketika melahirkan.

Tidak percaya ? yuk mari kita simak 8 tips ampuh dibawah ini untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

1. Kompres Bagian Punggung
 Sakit saat melahirkan merupakan hal yang wajar tak perlu terlalu dipikirkan karena semua wanita mengalami hal tersebut. Nah, untuk mengurangi rasa sakit ini anda bisa meminta bantuan kepada kerabat atau suami untuk mengompres bagian punggung bawah dengan menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan untuk memperlancar peradaran darah sehingga rasa sakit saat melahirkan bisa berkurang.

2. Pijat Bagian Punggun Bawah
Nah, jika tadi mengompres maka kali ini anda dianjurkan untuk memijat punggung bagian bawah dan mintalah tolong kepada suami atau kerabat terdekat. Hal ini boleh anda lakukan ketika persalinan sudah sangat dekat dan ada tanda kontraksi, gunakanlah baby oil sebagai pelicinnya atau aromaterapy untuk menenangkan agar pikiran anda rileks. Oh ya, jangan keras-keras memijatnya cukup pelan-pelan saja.

3. Usahakan Punggung Dalam Posisi Tegak
Pada saat melahirkan apapun posisi anda coba usahakan punggun dalam keadaan tegak, tujuannya agar kepala bayi tetap berada di leher rahim dengan tepat dan dengan begitu kontaksi anda berjalan efektif dan baik dan rasa sakit saat mau melahirkan dapat berkurang.

4. Atur Napas
Didalam menjalani persalinan hal yang harus anda perhatikan adalah pernapasan. Walaupun hal ini terlihat sepele tetapi bisa mengurangi rasa sakit saat melahirkan lho. Ambilah napas dari hidung dan kemudian keluarkan dari mulut, agar peredaran darah tetap lancar sehingga akan mengurangi rasa tegang dan membuat anda sedikit rileks.

5. Alihkan Perhatian
Maksud alihkan perhatian adalah agar kita tidak terlalu fokus dengan rasa sakit saat melahirkan sehingga sedikit banyak hal ini akan membantu anda untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Untuk mengalihkan perhatian, maka anda bisa melakukan berbagai hal seperti pura-pura bercerita, menyanyi atau Berdzikir. Dengan melakukan hal ini tentu saja anda akan mengundang energi positif yang bisa membuat rasa takut yang didalam diri anda bisa hilang sehingga tubuh akan rileks. Cara ini sangat efektif dan ampuh untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

6. Buang Air Kecil Sesering Mungkin
Buang air kecil sesering mungkin saat melahirkan karena hal ini sangat berguna untuk membantu turunnya kepala si bayi ke dasar panggul dan sekaligus menjaga ritme kontraksi persalinan. Namun anda juga harus memperhatikan cairan tubuh, jangan sampai dehidrasi gara-gara terlalu sering buang air kecil sehingga harus diimbangi dengan mengkonsumsi air putih.

7. Bantuan Medis
Nah, bagi anda yang memang benar-benar tidak tahan dengan rasa sakit saat melahirkan maka bisa meminta pada bidan anda bius epidural. Biasanya bius ini hanya diberikan bagi orang yang hanya meminta saja dan digunakan secukupnya tanpa berlebihan sehingga saat bayi sudah keluar maka bius ini akan hilang. Epidural yaitu pembiusan guna mengurangi rasa nyeri dengan membuat mati rasa sementara terhadap saraf-saraf di tubuh bagian bawah.

8. Jangan Cemas
Perasaan cemas, takut dan gelisah merupakan hal wajar yang dirasakan oleh setiap wanita yang akan melahirkan. Namun jika anda ingin mengurangi rasa sakit saat melahirkan maka usahakan agar menghilangkan perasaan tersebut dan perbanyak berdoa atau meyakinkan diri bahwa anda bisa melewati masa-masa persalinan ini.

Itulah 8 tips ampuh untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Semoga membantu buat para bunda yang dalam waktu dekat ini akan melahirkan dan tidak takut lagi menghadapi masa-masa persalinan.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==