7 Hal Sederhana Yang Bisa Menjauhkan Anda Dari Penyakit


Siapa sih yang tak ingin memiliki tubuh yang sehat ? saya rasa semua orang menginginkan hal tersebut, bahkan demi sebuah kesehatan ada sebagian orang yang berani mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk melakukan berbagai perawatan agar tidak mudah terserang penyakit. Padahal untuk memiliki tubuh yang sehat sangatlah mudah yaitu cukup menjaga pola makan dan hidup yang sehat serta rutin berolahraga.

Namun pertanyaannya apakah segampang itu untuk menjadi sehat ? ternyata hal diatas saja tidak cukup untuk membuat anda sehat, hal ini juga harus diimbangi dengan beberapa kebiasaan-kebiasaan baik yang harus anda lakukan secara berkala.

7 Hal Sederhana  Yang Bisa Menjauhkan Anda Dari Penyakit

Nah, Kali ini kita akan membahas apa saja kebiasaan-kebiasaan baik yang terlihat sederhana tetapi bermanfaat bagi kesehatan tubuh bahkan bisa menjauhkan anda dari penyakit. Penasaran ? yuk mari kita sima tulisan dibawah ini mengenai 7 hal sederhana yang bisa menjauhkan anda dari penyakit

1. Jarang Stres
Stres bisa terjadi pada siapa saja sehingga hal ini bisa dikatakan sesuatu yang wajar karena hampir semua orang pernah mengalami hal ini. Namun tahukah anda bahwa stres yang berlebihan bisa menggangu kesehatan kita juga loh sehingga sebisa mungkin anda harus pintar-pintar mengendalikan stres agar tidak menjadi depresi.

Ketika stres melanda maka tubuh akan memproduksi hormone adrenalin dan kortisol dalam jumlah besar, hal ini tentu saja akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun sehingga kemampuannya untuk memerangi bakteri dan virus menjadi berkurang.

Menurut penelitian, seseorang stres juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung, gangguan mental hingga depresi. Selain itu, stress juga bisa berdampak pada kesuburan wanita serta akan memperparah masalah kesehatan yang sudah ada. Itulah mengapa orang yang jarang stres jauh lebih sehat dan jarang terkena penyakit.

2. Berani Kotor
Pernah dengar sebuah iklan yang mengatakan bahwa “berani kotor itu baik”. Iya memang hal tersebut ada benarnya karena seseorang yang terlalu bersih tidak juga menjamin bahwa dia akan selalu sehat. Para ahli juga mengatakan bahwa kebersihan yang berlebihan malah berpotensi menyebabkan seseorang terkena wabah asma, eczemas dan umumnya alergi, terutama untuk anak-anak.

Biarkan anak anda untuk sedikit bermain kotor, jangan memarahi mereka karena Kontak sejak usia dini dengan kuman membantu menciptakan antibodi, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan penyakit. Aneh bukan ? ya memang aneh, jika kita biasanya selalu menuntut kebersihan tetapi ini malah sebaliknya.

3. Membiasakan diri dengan perawatan alami dan herbal
Semua orang pasti tahu bahwa sesuatu yang alami pasti aman dan terbebas dari bahan-bahan kimia. Nah, usahakan untuk selalu memanfaatkan alam sebagai alternatif utama untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan anda. Walaupun pengobatan alami cenderung membutuhkan waktu dan kesabaran namun setidaknya hal ini aman tanpa efek samping.

Sebuah perubahan kecil dalam kehidupan kita sehari-hari adalah dengan memulai. Konsumsi secara rutin teh hijau, misalnya, akan mengurangi tekanan darah dan lemak. Teh hijau juga memiliki kasiat anti-kanker karena mengandung polifenol, yang dikenal sebagai catechin.

4. Cukup Tidur
Manusia umumnya membutuhkan waktu tidur 8-9 jam dalam sehari agar tubuhnya selalu sehat dan bugar. Nah, kekurangan maupun kelebihan jam tidur ternyata juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh karena hal ini akan membuat kondisi tubuh selalu lemas. Kurang tidur bisa menyebabkan seseorang rentan terkena stress yang mana akan membuat hormon kostisol menjadi meningkat sehingga berpotensi untuk terkena serangan jantung dan stroke.

Nah, untuk seseorang yang kelebihan jam tidur menurut penelitian dari Columbia University bisa membuat seseorang menjadi gemuk. Selain itu jumlah jam tidur juga berpengaruh pada tempramen seseorang sehingga itulah mengapa pentingnya seseorang untuk mendapatkan jam tidur yang cukup karena selain menyehatkan juga bisa membuat kita terhindar dari penyakit.

5. Makan lebih sedikit
Makan yang teratur merupakan salah satu kunci hidup sehat sehingga sebisa mungkin terapkanlah hal ini didalam keseharian anda. Seseorang yang makan terlalu banyak dalam sehari-hari bukanlah suatu pertanda bahwa dia adalah orang yang sehat, hal ini justru malah sebaliknya yaitu makan yang tidak teratur dalam porsi yang besar bisa membuat seseorang mudah terserang penyakit.

Menurut spesialis, untuk memperpanjang hidup kita dan, tentu saja, untuk menghilangkan risiko penyakit yang berhubungan dengan berat badan yang berlebihan (misalnya, diabetes, hipertensi, peningkatan lemak dalam darah, dll), kita pertama-tama harus membatasi kalori yang berasal dari gula sederhana (seperti gula pasir), karena peningkatan insulin tampaknya berkaitan dengan penurunan harapan hidup.

6. Rutin Melakukan detoksifikasi
Tubuh sangat rentan terkontaminasi dari beberapa bahan-bahan kimia, baik itu yang ada dilingkungan maupun dari barang-barang yang kita gunakan dalam sehari-hari. Hal ini merupakan salah satu penyebab meningkatnya penyakit kanker pada manusia sehingga kita harus pintar-pintar dan rutin untuk melakukan detoksifikasi tubuh untuk membuang zat-zat racun yang ada didalam tubuh kita.

Walaupun belum ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa detoksifikasi mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh tetapi setidaknya hal ini dipercaya mampu melancarkan aliran darah didalam tubuh sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.

7. Mempertahankan keseimbangan pH tubuh
Tubuh akan sehat ketika mempertahankan keseimbangan asam dan basa (pH) ke tingkat normal (netral adalah 7). Jika kadar pH lebih rendah dari rata-rata, gejala yang akan muncul misalnya, perasaan kelelahan dan masalah pencernaan. Dengan memperkaya diet kita dengan sayuran, kita mengurangi risiko menciptakan lingkungan yang asam dalam tubuh dan kita menjaga kesehatan tubuh kita.

Itulah 7 hal sederhana yang bisa menjauhkan anda dari penyakit. Walaupun terlihat sepele namun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. So, mulailah hidup sehat dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering kita sepelekan.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==