4 Alasan Mengapa Indonesia Pantas Disebut Sebagai Negara Kaya

loading...

loading...
Siapa sih negara yang paling kaya didunia ini ? jika pertanyaan ini ditanyakan kepada anda mungkin sebagian dari kita akan menjawab Amerika, Jepang dan negara maju lainnya. Ya, hal tersebut memang tidak salah, namun tanpa anda sadari ternyata selain negara maju diatas ada satu negara lagi yang juga termasuk terkaya didunia ini, negara tersebut adalah Indonesia.

4 Alasan Mengapa Indonesia Pantas Disebut Sebagai Negara Kaya

Yang bener bro ? iya, apakah anda masih tidak menyadari bahwa negara kita ini termasuk negara terkaya didunia. Coba bayangkan begitu banyaknya sumber daya alam yang melimpah dinegara kita tercinta ini, mulai dari laut beserta isinya yang beragam, tanah yang subur, minyak bumi, hutan yang luas, emas, dan masih banyak lagi hasil bumi lainnya yang membuat bangsa lain iri kepada bangsa kita. Bahkan Indonesia termasuk negara dengan penduduk terbanyak nomor 4 didunia.

Jika anda masih penasaran maka simak tulisan dibawah ini mengenai 4 alasan mengapa Indonesia pantas disebut sebagai negara kaya.

1.Memiliki lautan terluas di dunia
Indonesia merupakan negara maritim terbesar didunia, bahkan negara kita 2/3 wilayahnya adalah lautan sehingga tak heran jika indonesia memiliki banyak spesies ikan yang tidak dipunyai negara lain. Nah, selain itu hasil laut Indonesia tidak hanya berisi ikan saja tetapi masih banyak jenis lainnya yang memiliki nilai ekonomis sangat tinggi. Namun walaupun demikian sayangnya kekayaan alam yang melimpah ini tidak diimbangi dengan pengelolaan yang baik sehingga hasil laut kita banyak dicuri dan dijual keluar negeri dengan harga yang murah.

2.Memiliki hutan terluas
Selain sebagai negara maritim, satu lagi anugerah terbesar yang ada di Indonesia adalah hutan. Indonesia dikaruniai dengan salah satu hutan tropis yang paling luas dan memiliki aneka ragam flora dan fauna didunia. Hasil dari hutan tidak bisa dipandang remeh karena dari sini Indonesia bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar yaitu salah satunya adalah hasil pengolahan kayu. Bahkan berapa juta masyarakat indonesia menggantungkan hidup mereka dari hutan dengan bekerja pada sektor industri pengolahan kayu.

Selain itu, hutan di Indonesia merupakan paru-paru dunia dan duniapun mengakui hal tersebut, jadi dunia sangat membutuhkan Indonesia. Namun ditengah kekayaan yang melimpah ruah, Indonesia tidak bisa mengelolanya dengan baik, bahkan hingga hari ini masih banyak orang yang tega merusak dan membakar hutan karena keserakahan.

3.Memiliki pertambangan emas terbesar
Siapa yang tak kenal PT.Freeport ? ya dunia sudah pasti tahu bahwa PT.Freeport adalah pertambangan emas terbesar didunia yang berada di Indonesia. Emas yang dihasilkan dari bumi Indonesia ini memiliki kualitas yang sangat baik dan menghasilkan sekitar 7,3 juta ton tembaga dan 724,7 juta ton emas. Selain itu, menurut kabar terakhir yang beredar bahwa ternyata juga ditemukan uranium pada kedalaman 400 meter dan yang lebih mengejutkan lagi harga uranium lebih mahal daripada emas itu sendiri.

Namun lagi-lagi kekayaan ini tidak dikelola dengan baik dan dikuasai oleh pihak asing yaitu Amerika dengan perjanjian pembagian 1 % untuk Indonesia dan 99 % untuk Amerika. Kekayaan alam ini seharunya bisa membuat kita menjadi kaya raya namun apa daya kita hanya mendapatkan limbah dari pertambagan tersebut.

4. Penduduk terbesar nomor empat didunia
Dan yang terakhir mengapa kita pantas disebut negara yang kaya adalah karena memiliki penduduk yang banyak dan terbesar didunia sehingga hal ini bisa dikatakan sebagai aset negara. Bayangkan saja dengan penduduk sebanyak itu sudah pasti kita memiliki orang-orang jenius yang tentunya bisa memajukan bangsa dan negara.

Salah satu contoh putra bangsa yang jenius adalah BJ. Habibie, beliau bisa menciptakan pesawat terbang dan kepintaraannya telah diakui oleh dunia. Namun sayangnya kepintaran beliau tidak didukung oleh pemerintah sehingga hal semacam inilah yang membuat generasi-generasi jenius Indonesia banyak yang lari keluar negeri.

Itulah 4 alasan mengapa Indonesia pantas disebut sebagai negara kaya. Terlepas dari semua permasalahan yang ada di Negara ini, Indonesia tetaplah negara yang besar dan dunia membutuhkan Indonesia sehingga penulis hanya bisa berharap kedepannya bangsa kita bisa lebih baik dan menyadari keunggulan-keunggulan yang kita miliki.

loading...

Loading...