Terkuaknya Misteri Warna Belang Pada Zebra

loading...

loading...
Anda kenal dengan spesies hewan yang sering di gunakan sebagai delman ? Yup spesies hewan tersebut adalah kuda, trus apakah anda kenal dengan kerabat dari kuda ini ? Bukan zebra cross ya , hanya zebra saja. Kuda dan Zebra memang kadang memiliki warna sama pada tubuhnya yaitu belang-belang akan tetapi belang-belang pada zebra berbentuk garis-garis .

Ratusan tahun misteri akan warna belang yang terdapat pada tubuh kerabat kuda atau zebra ini belum terpecahkan oleh para ilmuwan . Ilmuwan sangat penasaran pola terbentuknya belang pada zebra ini karena ia sejatinya sangat mirip dengan spesies kuda.

Terkuaknya Misteri Warna Belang Pada Zebra
Namun baru-baru ini para ilmuwan mengaku telah menemukan jawaban akan pertanyaan yang telah bertahun-tahun belum terungkap mengenai warna-warna belang pada zebra ini. Ilmuwan dari Amerika menyatakan belang-belang pada tubuh zebra berkaitan dengan evolusi dan adaptasi lengkapnya ilmuwan mengatakan kalau terjadi sebuah evolusi pada tubuh zebra dalam beradaptasi dengan lingkungannya dimana lingkungan zebra yang merupakan Afrika ini memiliki cuaca atau suhu yang begitu panas .

Ilmuwan yang menyatakan telah menemukan jawaban dari belang pada tubuh zebra ini beranggapan kalau belang-belang tersebut memiliki fungsi seperti sebuah ac atau pendingin, maklum saja karena suhu Afrika yang begitu panas. Menurut ilmuwan belang-belang ini mempengaruhi jumlah penyerapan panas oleh tubuh, sehingga membuat jumlah penerapan tersebut lebih minim.

Hasil dari penelitian ilmuwan ini kemudian di dukung akan fakta warna, dimana warna putih diketahui berguna dalam memantulkan cahaya atau sinar sedangkan warna hitam sendiri di ketahui berguna dalam penyerapan panas.

Penelitian yang di lakukan pada 16 habitat hidup zebra membuktikan bahwa zebra yang hidup pada suhu lebih sejuk akan memiliki warna hitam yang lebih tebal pada tubuhnya di bandingkan dengan zebra yang hidup di daerah yang lebih panas, dimana zebra ini memiliki garis hitam tubuh dengan warna yang lebih tipis.

Setelah sekian tahun berusaha akhirnya membuahkan hasil dengan terbongkarnya rahasia belang pada zebra ini.

loading...

Loading...