Sering Dingin Pada Tangan Dan Kaki , Tanda Penyakit ?

loading...

loading...
Pernakah anda merasakan dingin disekitar tangan dan kaki ? jika iya maka segeralah untuk memeriksakan kesehatan anda kepada dokter , karena hal ini bisa saja menjadi pertanda bahwa adanya penyakit pada tubuh anda.

Menurut Asisten profesor kedokteran di NYU School of Medicine, Roshini Rajapaksa, MD kondisi dinginnya tangan dan kaki ini disebut juga vasokonstriksi yang biasanya dipicu oleh perubahan suhu.

"Ketika Anda berada pada suhu yang nyaman, darah yang kaya oksigen akan menyebar ke seluruh tubuh. Tapi pada kondisi atau suhu tertentu, reseptor sensorik di kulit Anda akan memberi sinyal ke otak untuk menyempitkan pembuluh darah (vasokonstriksi)," kata Roshini, seperti dikutip Health, Jumat (2/1/2015).

Sering Dingin Pada Tangan Dan kaki pertanda penyakit

Biasanya penyakit ini lebih sering dialami oleh wanita , hal ini disebabkan adanya fluktuasi terkait dengan hormon estrogen yang dinilai memainkan peran besar dalam mengatur suhu, ujar Roshini. Kemudian lebih lanjut Roshini mengatakan bahwa kondisi seperti ini bisa saja sangat mengkhawatirkan apabila sensitivitas dingin membuat jari tangan dan kaki menjadi kaku.

Kemudian apabila hal tersebut juga disertai dengan perubahan warna kulit pada hidung dan telingga atau mati rasa maka bisa dipastikan hal tersebut adalah cirri-ciri dari penyakit Raynaud.

Namun, apabila hal tersebut tidak terjadi maka kondisi dingin pada tangan dan kaki bisa jadi adalah gejala dari penyakit lain seperti hipotiroidisme, lupus, atau diabetes, atau rendahnya tingkat zat besi atau defisiensi vitamin B12. "Jika ini sering terjadi, lakukan tes dengan dokter Anda dan cobalah tetap terhidrasi serta meningkatkan aktivitas Anda," ujarnya.

Itulah tanda-tanda atau gambaran penyakit yang mungkin bisa saja terjadi apabila anda sering merasa dingin pada tangan dan kaki. So, jangan pernah anggap sepele hal ini dan apabila anda merasakan gejala seperti diatas sebaiknya cepat periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

loading...

Loading...