Masjid di Swedia Dibakar Neo-Nazi


Kejadian pembakaran-pembakaran masjid terjadi di awal natal lalu.Pembakaran masjid pada natal ini dilakukan oleh kelompok neo-Nazi,mereka membakar masjid dengan melemparkan bom molotov ke dalam masjid tersebut. Peristiwa ini pun memicu pembakaran-pembakaran masjid lainnya. Dalam sepekan setelah pembakaran masjid yang pertama tadi,3 masjid lainnya telah ludes di lalap api.Pelaku pembekaran tiga masjid ini merupa anggota dari kelompok sayap politik radikal.

Hal ini tentu saja membuat kepanikan dan ketegangan masyarakat,maka dari itu polisi Swedia langsung mengambil tindakan intensif dengan memburu para pelaku yang di duga kuat sebagai tersangkat dalam tragedi pembakaran masjid ini.

Masjid-Masjid Di Swedia Mengalami Pembakaran

Kepala polisi swedia mengatakan masjid-masjid ini dilempari dengan bom molotov oleh seseorang dan ia juga mencoret-coret masjid-masjid tersebut dengan kata-kata vulgar dan rasis.Sebagai bentuk penghujatan terhadap umat islam.

Serangan pertama yang terjadi pada hari natal lalu mengakibatkan 5 orang mengalami luka-luka,5 orang ini sedang melaksanakan ibadah shalat zuhur. Serangan kedua terjadi pada sebuah masjid yang beradi di Esloev Swedia.

Sedangkan untuk serangan ketiga terjadi pada hari pertama tahun baru.Serangan ini tertuju pada sebuah masjid yang berada di Upsala.Serangan ini terjadi ketika selesai subuh tepatnya pukul 05.30 ,sepertinya setelah usai merayakan tahun baru ,mereka langsung membakar masjid-masjid.

Pembakaran-pembakaran masjid ini sangat membuat masyarakat geram ,begitu juga dengan perdana menteri Swedia .Ia mengecam tindakan bodoh tersebut dan mengatakan atau menghimbau kepada seluruh masyarakat Swedia agar tidak melakukan hal yang sama seperti para brandalan pembakar masjid tersebut.Menurut nya setiap orang memiliki hak penuh atas kelangsungan ibadah yang dipercayai agama yang mereka anut.

Atas kejadian ini pemerintah memberikan pengawasan atau penjagaan terhadap tempat-tempat ibadah terutama tempat ibadah umat muslim.

Besar dugaan polisi terhadap kelompok radikal nasionalis sebagai dalang dari semua pembakaran tersebut.Kecurigaan ini dikarenakan Neo-Nazi dengan terang-terangan menolak datangnya para imigran ke Swedia. Mereka menganggap imigran akan mengambil lapangan kerja yang seharusnya untuk masyarakat Swedia.

Dan tentunya kebanyakan dari imigran di Swedia berasal dari negara -negara muslim.




loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==