7 Jenis Penyakit Mematikan Yang Ditularkan Hewan Kepada Manusia

loading...

loading...
Penyakit mematikan seperti flu burung, flu babi dan ebola memang menjadi momok menakutkan bagi manusia zaman sekarang sehingga kita harus benar-benar memperhatikan dan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan agar tidak terinfeksi oleh virus-virus yang bisa membahayakan kesehatan tubuh, bahkan penyakit yang diakibatkan oleh virus tersebut bisa dikatakan sudah banyak memakan korban dan menyebabkan banyak orang yang meninggal dunia.

Nah, pada kali ini kita akan membahas 7 jenis penyakit yang ditularkan oleh hewan kepada manusia. Penasaran apa saja ? yuk langsung kita simak tulisan dibawah ini.

1. Flu Burung
Flu burung atau H5N1 penyakit mematikan yang ditularkan oleh hewan seperti ayam, bebek dan sejenis unggas lainnya kepada manusia, bahkan penyakit ini sempat membuat masyarak dunia menjadi khawatir karena hampir setiap hari ada saja orang yang meninggal akibat penyakit ini.

Sedangkan penularan penyakit ini kepada manusia dapat melalui udara yang tercemar virus tersebut, baik yang berasal dari tinja atau sekreta unggas yang terserang flu burung. Adapun orang yang mempunyai resiko besar untuk terserang flu burung (H5N1) ini adalah pekerja peternakan unggas, penjual dan penjamah unggas.

2. Flu Babi
Sama dengan penyakit flu burung, penyakit flu babi juga sempat meresahkan masyarakat dunia karena begitu banyak orang yang meninggal akibat terinfeksi virus ini. Flu babi adalah penyakit influenza yang disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1 yang dapat ditularkan melalui binatang, terutama babi, dan ada kemungkinan penularan antar manusia

3. Rabies
Rabies juga termasuk penyakit mematikan yang disebabkan oleh hewan. Untuk penularannya sendiri biasanya berawal dari gigitan hewan seperti anjing, kucing, kera dan satwa lainya kepada manusia. Rabies atau penyakit anjing gila biasanya menyerang susunan sistem saraf pusat manusia sehingga hal ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Gejala yang ditimbulkan bila terinfeksi rabies pertama-tama adalah tingkah laku yang abnormal dan sangat sensitif (mudah marah), kelumpuhan dan kekejangan pada anggota gerak. Penderita akan mati karena kesulitan untuk bernafas dan menelan dalam kurun waktu 2-10 hari.

4. Cacing
Pernakah anda mengalami cacingan, jika iya pasti sangat menyebalkan bukan karena tidak hanya membuat tidak nyaman tetapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bagi sebagian orang terkadang sering mengangap sepele penyakit ini, padahal jika dibiarkan cacing yang ada didalam tubuh bisa menyebabkan sejumlah infeksi pada organ tubuh lainnya.

Diare, badan kurus, kekurangan cairan (dehidrasi), anemia serta badan lemas merupakan gejala awal yang ditimbulkan oleh adanya infeksi cacing. Kejang-kejang pada seluruh anggota gerak, perut membesar dan keras akibat adanya timbunan gas (kembung) merupakan tanda bahwa racun telah menyebar ke seluruh tubuh. Jika hal ini dibiarkan tanpa ada penanganan maka bisa menyebakan kematian.

5. Toxoplasmosis
Toxoplasma adalah penyakit yang ditularkan oleh hewan sebangsa kucing yaitu kucing hutan, harimau maupun kucing rumahan kepada manusia. Penyakit ini biasanya menyerang kaum wanita dan bisa menyebabkan kemandulan, keguguran bahkan akan menyebabkan bayi yang lahir menjadi cacat.

6. Leptospirosis
Leptospirosis merupakan penyakit mematikan yang ditularkan oleh anjing, kucing, harimau, tikus, musang dan tupai kepada manusia. Penyakit ini biasanya akan menyerang organ ginjal dan reproduksi sehingga akan menyebabkan air kencing berubah menjadi merah karena ginjal mengalami pendarahan. Selain itu, kepala akan mengalami sakit yang luar biasa, depresi, badan lemah bahkan wanita hamil juga akan mengalami keguguran. Penyakit ini belum ditemukan obatnya untuk manusia hingga sampai saat ini.

7. Anthrax
Penyakit mematikan terakhir yang bisa ditularkan hewan kepada manusia adalah Anthrax, biasanya virus ini terdapat pada sapi, babi, kambing dan kuda. Angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini cukup besar dan bakteri anthrax sangat sulit dibasmi karena ia bisa bertahan pada saat musim hujan maupun musim panas.

Itulah 7 jenis penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan kepada manusia dan sangat mematikan karena sudah cukup banyak korban yang meninggal akibat penyakit-penyakit diatas. So, mulailah untuk hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit mematikan diatas.

loading...

Loading...