Wanita Haid Dilarang Berenang Di Pantai Pandawa, Mengapa ?

loading...

loading...
Apakah anda pernah mengunjungi Pantai Pandawa ? Pantai yang ada di kota Bali ini memang sangat menawan karena selain bersih, keindahan alam di sekitar pantai tersebut sangat memanjakan mata para wisatawan sehingga anda akan betah berlama-lama di sini.

Pantai pandawa berada di balik perbukitan yang terletak dikabupaten badung , Bali. Untuk para turis yang baru mengunjungi bali jangan khawatir, Anda bisa langsung menuju Pantai Pandawa sekitar satu jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai.

Perjalanan dapat diarahkan dari Kuta menuju Garuda Wastu Kencana kemudian belok kiri menuju Nusa Dua atau Bali Cliff. Anda hanya perlu memerhatikan penunjuk arah bertuliskan “Pantai Pandawa” untuk belok kiri hingga tiba di perempatan dan mengikuti jalurnya akhirnya tiba di kawasan Pantai Pandawa.


Ada yang unik ketika berwisata ke Bali terutama di Pantai pandawa, dimana para wanita yang sedang haid dilarang untuk berenang di pantai tersebut, namun sebenarnya larangan ini juga berlaku di pantai-pantai seluruh bali. Tentu saja hal ini membuat kita pensaran bukan dan bertanya-tanya didalam hati ? ternyata inilah alasanya.

Menurut Andrian yaitu Kabid 4 Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Pantai adalah kawasan suci bagi orang bali karena setiap pantai terdapat pura yang biasa dipakai oleh orang bali untuk sembahyang. Lebi h lanjut Andrian mengatakan bahwa sebenarnya gunung, sungai, danau, pantai dan laut adalah tempat yang suci. Khusus untuk pantai adalah tempat masyarakat Bali mengadakan upacara melasti dan sembahyang sebelum perayaan nyepi.

Itulah yang menyebabkan pantai Pandawa dan pantai lainya dibali melarang seseorang yang sedang haid untuk berenang, Ya sama saja pada peraturan di pura atau di masjid, wanita haid atau sedang datang bulan dilarang masuk bukan?" paparnya.

Namun para wanita yang sedang haid tetap diperbolehkan mengunjungi dan menikmati keindahan di pantai, tetapi asal tidak menyentuh air saja. "Wanita haid tetap boleh ke pantai, tapi tidak boleh berenang," tegasnya.

Walaupun seluruh pantai di bali melarang wanita haid untu berenang, namun dari sekian banyak pantai yang ada di bali, hanya pantai Pandawa yang mempunyai papan peringatan tentang larangan ini. so, jika itu memang peraturan maka tidak ada salahnya para pengelola pantai lainya untuk mencontoh Pantai Pandawa yang tegas dalam mengeluarkan aturan agar para wisatawan bisa tau.

loading...

Loading...