Ketahui Tanda-Tanda Gangguan Kesehatan Pada Tubuh Melalui Warna Tinja

loading...

loading...
Tinja atau feses adalah produk buangan dari saluran pencernaan yang nantinya akan dikeluarkan lewat lubang belakang atau kloaka. Memang terdengar sedikit menjijikan bahasan kita kali ini, tetapi walaupun begitu ternyata perubahan warna pada tinja ketika seseorang BAB bisa menjadi indikator kesehatan pada tubuh orang tersebut lho.

Terkadang sebagian besar orang didunia sangat meremehkan hal ini, mereka mengangap perubahan warna tinja adalah hal yang biasa padahal itu merupakan cara tubuh untuk memberi tanda kepada kita bahwa ada sesuatu yang salah pada sistem pencernaa kita.

Nah, mungkin anda bertanya-tanya didalam hati, apa warna tinja yang normal ?

Normalnya, tinja berwarna kuning kecoklatan karena dipengaruhi oleh bilirubin. Bilirubin terbentuk dari hasil pemecahan hemoglobin (sel darah merah) di hati kemudian dikeluarkan melalui empedu dan dibuang melalu tinja.

Nah, kemudian warna tinja apa saja yang menunjukan bahwa adanya gangguan kesehatan didalam tubuh kita ?

1. Tinja Berwarna Hitam
Pernakah anda mengalami hal seperti ini ? munkin ada sebagian orang yang pernah mengalami hal ini, dimana warna tinja mereka berubah menjad hitam. Hal ini jangan anda anggap sepele karena hal tersebut menandakan bahwa adanya pendarahan pada saluran pencernaan bagian atas, atau biasa disebut “melena “ dalam dunia kedokteran.

Selain itu ada juga faktor lain yang bisa menyebabkan tinja anda berwarna hitam, salah satunya adalah karena mengkonsumsi zat besi atau mengkonsumsi obat yang mengandung bismuth.

2. Tinja Berwarna Merah
Tinja berwarna merah sudah jelas adalah sesuatu yang tidak wajar dan sebaiknya jangan disepelekan. Perubahan warna tinja menjadi merah menandakan bahwa adanya darah segar pada tinja atau yang biasa disebut hematoskezia. Biasanya hal ini disebabkan karena adanya pendarahan pada saluran cerna bagian bawah (kanker atau infeksi) atau hemorid (wasir).

Namun, perubahan warna pada tinja menjadi merah juga bisa disebabkan oleh zat pewarna makanan, sehingga anda harus jeli dalam membedakan antara warna merah akibat suatu penyakit ataupun gara-gara zat pewarna.

3. Tinja Berwarna Pucat
Warna tinja yang kuning kecoklatan merupakan sesuatu yang normal dan menandakan bahwa sistem pencernaan didalam tubuh anda berjalan dengan baik. Namun apabila warnanya agak sedikit pucat, maka hal ini bisa jadi anda mengalami masalah kesehatan pada hati seperti hepatitis atau sumbatan pada saluran empedu.

Tinja pucat, berbau, dan berminyak menunjukkan adanya malabsrobsi lemak akibat penyakit pankreas (pankreatitis, kanker pankreas, cystic fibrosis)

4. Tinja Berwarna Jingga / Orange
Mungkin anda berpikir mana ada tinja manusia yang berwarna jingga atau oranye ? namun, hal ini mungkin pernah dialami oleh sebagian kecil orang didunia. Tinja yang berwarna jingga atau orange biasanya disebabkan karena efek samping dari obat-obatan, seperti obat tuberkulosis atau mengkonsumsi makanan yang kaya beta karoten seperti wortel, labu, mangga dan lainnya.

5. Tinja Berwarna Hijau
Tinja berwarna hijau yang diserati dengan diare biasanya disebabkan oleh infeksi gastroenteritis. Namun, hal ini juga dipengaruhi oleh makanan yang anda konsumsi seperti terlalu banyak makan sayu-sayuran atau mengkonsumsi makanan dengan pewarna artifisial hijau.

Nah, itulah arti warna tinjamanusia yang bisa menjadi indikator kesehatan tubuh. Jangan sepelekan tanda-tanda yang telah dibrikan oleh tubuh anda agar tidak berlanjut menjadi penyakit yang lebih berbahaya lagi.

loading...

Loading...