8 Temuan Ilmuwan Muslim Yang Mengguncang Dunia


Manusia yang hidup pada zaman sekarang bisa dikatakan sangat beruntung karena telah banyak alat-alat canggih yang dapat mempermudah manusia tersebut dalam menjalani segala aktivitas sehari-hari. Hal ini tak terlepas dari jasa para ilmuwan dunia yang telah berhasil menciptakan atau menemukan sesuatu yang baru dan berguna bagi kehidupan semua orang.

Nah, dibawah ini kita akan membahasa tentang 8 temuan dari ilmuwan muslim yang mengguncang dunia, karena tidak banyak orang yang mengetahui kehebatan-kehebatan dari ilmuwan muuslim. Anda penasaran ? yuk langsung simak tulisan dibawah ini.

Temuan ilmuwan muslim yang menguncang dunia
\
1. Operasi Bedah
Operasi bedah pada saat ini sudah modern dan resiko kematian pasin pun sangat kecil, hal ini bisa terjadi karena berkat jasa ilmuwan yang telah meneliti bidang ini selama bertahun-tahun. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui ternyata operasi bedah pertama kali ditemukan oleh ilmuwan muslim yang bernama Al-Zahrawi sekitar tahun 1000.

Al-Zahrawi telah mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang menjadi referensi medis selama 500 tahun. Bahkan, beliau juga telah melakukan operasi cesar jauh sebelum orang mengenal operasi tersebut dan menciptakan sepasang alat jepit pembedahan

2. Kopi
Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari oleh kebanyakan orang, bahkan didunia. Minuman yang satu ini sangat cocok dinikmati dalam suasana santai, karena beberapa penelitian mengatakan bahwa kopi bermanfaat bagi tubuh. Kopi pertama kali dibuat di Yaman sekitar abad ke-9 yang kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajar dan kebetulan minuman tersebut sangat digemari oleh seluruh kerajaan.

Kemudian seiring perkembangan zaman, pada abad ke-13 kopi menyebar ke Turki dan baru pada abad ke-16 kopi masuk ke Italia yang dibawa oleh para pedagan Venesia. Pada awalnya kopi ini menjadi minuman para sufi pada abad ke-9 , untuk membantu kaum sufi tetap terjaga ketika beribadah larut malam.

3. Mesin Terbang
Pesawat terbang yang kita lihat saat ini sudah sangat canggih dan modern sehingga orang-orang yang menaiki pesawat menjadi nyaman dan aman. Namun ternyata pesawat terbang sudah ditemukan oleh ilmuwan islam yang bernama Abbas bis Firnas sejak abad ke-9, dimana pada saat itu dia lah orang yang pertama kali mendesain sebuah perangkat sayap secara khusus layaknya sayap burung.

Dalam percobaannya yang terkenal di Cordoba Spanyol, Firnas terbang tinggi untuk beberapa saat sebelum kemudian jatuh ke tanah dan mematahkan tulang belakangnya. Desain yang dibuatnya secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci ratusan tahun kemudian.

4. Aljabar
Pernakah anda belajar aljabar di sekolah ? sangat sulit bukan ? ya sama saya juga sangat sebal dengan pelajaran yang satu ini karena butuh ketelitian dan konsentrasi yang penuh untuk memahami pelajaran tersebut. Nah, tahukah anda bahwa ternyata aljabar ditemukan oleh ilmuwan islam. Kata aljabar ini sendiri berasala dari judul kitab matematikawan terkenal Persia abad ke-9 yaitu Kitab al-Jabr Wal-Mugabala, yang diterjemahkan ke dalam buku The Book of Reasoning and Balancing.

5. Optik
Optik juga merupakan salah satu penemuan besar dari ilmuwan muslim yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Sekitar tahun 1000, Ibn al-Haitham berhasil membuktikan bahwa manusia melihat obyek dari refleksi cahaya dan masuk ke mata. Teori ini sekaligus menyangkal teori Euclid dan Ptolemy yang emngatakan bahwa cahaya dihasilkan dari dalam mata sendiri.

6. Musik
Siapa yang tak suka dengan musik, semua orang sangat menyukai musik karena para penelitian telah mengungkap baha mendengarkan musik mampu menaikan mood seseorang. Lagi-lagi kali ini sejarah perkembangan musik sangat dipengaruhi oleh dunia muslim, bahkan instrumen yang hadir di eropa berasal dari timur tengah. Skala notasi musik modern juga dikatakan berasal dari alfabet Arab.

7. Sikat Gigi
Percaya atau tidak ternyata sikat gigi sudah ditemukan sejak dahulu, pada tahun 600 Nabi Muhammad SAW mempopulerkan penggunaan sikat gigi dari ranting pohon miswak sebagai alat untuk membersihkan gigi. Sampai saat ini ternyata masyarakat modern juga menciptakan hal yang serupa yaitu menggunakan substansi kandungan didalam miswak untuk membuat pasta gigi.

8. Engkol
Jangan pandang sepele temuan ini, karena engkol bisa mengkonversi gerakan memutar untuk mengangkat obyek berat sehingga lebih mudah terangkat. Teknologi tersebut ditemukan oleh Al-jazari pada abad ke-12, kemudian digunakan dalam penggunaan sepeda hingga kini.

Itulah 8 Temuan ilmuwan islam yang mengguncang dunia karena jauh sebelum ilmuwan barat menemukan hal-hal tersebut ternyata ilmuwan islam telah lebih dahulu menemukannya.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==