Inilah Masjid Tempat Perjanjian Antara Jin Dan Rasulullah


Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan - kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan.


Nah, pada kali ini kita akan membahas masjid di salah satu kota suci Makkah Almukarromah yang mempunyai nama unik yaitu Masjid Jin. Masjid yang terletak dari arah Masjidil Haram menuju pemakaman Ma'la itu diberi nama Jin bukan karena didirikan oleh para jin, melainkan tempat beberapa jin menyatakan beriman dan mengucap kalimat syahadat di hadapan Rasulullah.

Masjid Jin juga di sebut sebagai masjid Al Baiah karena para jin telah membuat baiah (perjanjian) kepada Rasulullah untuk beriman dan menjalankan ajaran Rasulullah. Selain itu, masjid Jin juga menjadi saksi bisu atas turunnya wahyu allah kepada rasulullah yaitu berupa surat Al jin.

Menurut riwayat ketika sedang shalat berjamah di masjid tersebut rasulullah beserta sahabatnya membaca suatu ayat yang ternyata tanpa di sengaja terdengar oleh segerombolan jin yang sedang melakukan perjalanan Timahah. Karena mendengar ayat tersebut jin tersebut berhenti dan berdialog dengan rasulullah sesudah shalat subuh, saat itu juga Allah langsung menurunkan surat Al jin.


Walaupun namanya membuat bulu kudu merinding tetapi masjid hanya berukuran sedang ini terkesan jauh dari bangunan yang terbilang angker. Masyarakat setempat pun tetap menggunakan masjid tersebut seperti biasa, lazimnya tempat shalat biasa.

Nah, bagaimana apakah anda tertarik untuk mengunjungi masjid yang bersejarah ini ?


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==