6 Ritual Unik Mencari Pacar Dari Berbagai Suku Didunia

loading...

loading...
Pada saat ini berpacaran merupakan sesuatu yang lumrah bagi kaum anak muda diseluruh dunia, kebiasaan berpacaran masyarakat modern di berbagai negara saat ini banyak yang serupa yaitu cenderung hampir meniru budaya barat.

Ritual mencari pacar yang unik


Namun ternyata ada juga beberapa suku didunia yang masih memegang dan melestarikan budaya mereka, salah satunya adalah ritual mencari pasangan. Etnis-etnis yang masih belum terpengaruh oleh konsep pergaulan modern ini memiliki ritual yang unik untuk mengekspresikan perasaan cinta kepada pasangan atau lawan jenis yang mereka sukai.

Mau tau ritual unik apa saja yang masih dilakukan oleh berbaga suku didunia untuk mencari pasangan ? yuk kita simak tulisan dibawah ini.

1.Pondok cinta, Suku Kreung, Kamboja
Suku Kreung di Kamboja memiliki tradisi unik untuk para pemuda-pemudinya dalam mencari pasangan. Para orang tua yang memiliki anak gadis di sana akan membuat sebuah bangunan kecil dari bambu atau biasa disebut pondok cinta, kemudian para lelaki yang masih lajang diperbolehkan memasuki pondok tersebut untuk berkenalan, bahkan bermalam disana.

Hal ini bukan hanya satu pemuda, tetapi lebih dari satu hingga sang gadis menemukan satu orang yang cocok dan ingn dia nikahi.

2.Nasi bungkus saputangan, Suku Miao, China
Di China ada ritual unik dari suku Miao, dimana dalam mencari pasangan para wanita suku Miao memberikan nasi yang dibungkus dengan sapu tangan. Biasanya hal ini dilakukan pada perayaan festival Meal. Pada perayaan festival tersebut para wanita akan memasak nasi warna-warni sedangkan para pria akan merayu mereka dengan sebuah lagu, apabila wanita itu menyukai pria tersebut maka mereka akan memberinya nasi warna-warni yang dibungkus dengan saputangan dan didalam nasi tersebut ada 2 buah sumpit.

Apabila hanya berisi satu sumpit didalam nasi tersebut berarti wanita tersebut menolak dengan halus, sedangkan jika nasinya berisi bawang putih berarti si wanita menolaknya dengan kasar.

3.Bersiul, Suku Kickapoo, Meksiko
Bersiul atau menyiul perempuan yang anda sukai pada zaman sekarang dianggap tidak sopan dan bahkan terkesan melecehkan. Namun bagi suku Kickapoo di Meksiko bersiul merupakan salah satu ungkapan atau ekspresi cinta bagi kaum anak muda terhadap pasangannya dan hal ini dianggap sesuatu yang romantis.

Siulan merupakan alat bagi kedua pasangan untuk saling berkomunikasi dan setiap pasangan memiliki bunyi siulan yang berbeda-beda. Siulan ini biasanya dilakukan pada senja hari, untuk mengisyaratkan rencana pertemuan kedua pasangan pada malam hari.

4.Bomena, Bhutan
Bomena merupakan salah satu ritual unik etnis bhutan dimana dalam mencari pasangan pemuda-pemudi bhutan menjalani ritual Bomena, yaitu “berburu gadis” . Tradisi unik dalam mencari pasangan di Bhutan ini sebenarnya hampir mirip dengan tradisi gubuk cinta di Kamboja, namun bedanya di sini para pemuda bersama-sama keluar di malam hari, kemudian masing-masing mengunjungi kamar gadis yang disukai untuk saling mengenal satu sama lain.

Namun pemuda yang menyusup kekamar sang gadis tidak boleh ketahuan oleh orang tua gadis, karena apabila ketahuan maka akan segera dinikahkan. Pada saat ini tradisi bomena sudah mulai luntur karena pergeseran nilai moral.

5.Memberikan kepala musuh, Suku Atayal, Taiwan
Sebuah suku minoritas di Taiwan ini mempunyai kebiasaan unik dalam mencari pasangan, dimana pemuda suku Atayal mempersembahkan kepala musuh mereka yang terbunuh secara terhormat dalam pertarungan. Hal ini merupakan hadiah sekaligus tanda ketertarikan pria terhadap wanita, namun tradisi unik ini sudah ditinggalkan oleh suku Atayal sejak tahun 1930-an.

6.Menaruh apel di ketiak, Austria
Di Austria khususnya di desa-desa ada sebuah tradisi unik dalam mencari pasangan. Para wanita meletakan satu buah apel diketiak mereka kemudian mencari pemuda yang disukainya. Jika ada yang mereka sukai, mereka akan memberikan apel itu kepada si pemuda. Jika si pemuda juga tertarik kepada si gadis, dia akan memakan apel pemberian si gadis tadi.

Itulah 6 ritual unik mencari pacar dari berbagai suku didunia. Walupun zaman sudah maju tetapi mereka tetap melestarikan tradisi yang terbilang cukup unik sekaligus aneh ini.

loading...

Loading...