3 Dampak Negatif Mendengarkan Musik Menggunakan Headset

loading...

loading...
Pada saat ini mendengarkan musik sudah menjadi gaya hidup tersendiri oleh sebagian masyarakat dunia, Musik membuat hidup seseorang menjadi lebih berwarna dan bisa memperbaiki mood yang sedang buruk. Beberapa penelitian pun telah membuktikan bahwa mendengarkan musik sangat bagus bagi kesehatan dan anak yang baru lahirpun dianjurkan untuk mendengarkan musik.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi perangkat untuk memutar musik bisa anda dapatkan dengan mudah dan ditambah dengan perangkat pendengar musik yang biasa disebut headset. Dengan memakai headset seseorang bisa menikmati musik tanpa mengganggu ketenangan orang disekitarnya.

Namun dibalik manfaat headset ternyata ada 3 dampak negatif yang dapat merusak kesehatan si pemakai perangkat tersebut. Mau tau apa saja ? yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

1. Kerusakan pendengaran secara permanen
Mendengarkan musik menggunakan headset memang menyenangkan, hal ini terkadang dilakukan oleh seseorang untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk disekitarnya. Namun apabila menyetel musik terlalu kencang ketika anda menggunakan headset bisa menyebabkan kerusakan permanen pada indera pendengaran anda.

Suara yang terlalu keras akan menyebabkan dengungan dalam rumah siput sehingga menyebabkan rasa lelah. Jika hal ini secara terus menerus anda lakukan maka kemungkinan besar akan terjadi kerusakan permanen pada indera pendengaran anda.

2. Mempengaruhi kinerja otak
Mendengarkan musik sangat bagus untuk kesehatan dan penelitianpun telah membuktikan itu. Hal yang tidak boleh dilakukan secara terus menerus adalah mendengarkan musik menggunakan headset.

Menurut sebuah penelitian Committie on Emerging and Newly Identified Helat Risk, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh headset bisa menggangu kinerja otak pemakainya. Walaupun belum terbukti kuat akan kebenarannya namun dugaan sementara pemakaian headset bisa mengganggu kinerja otak.

3. Gangguan pendengaran, bahkan tuli
Telinga manusia memiliki tingkat volume tersendiri, apabila telingga seseorang telah melebihi batas normal tingakat volume suara maka bisa menyebabkan terganggunya sel-sel rambut yang berfungsi sebagai penangkap frekuensi suara.

Jika anda menyetel volume suara dari headset melebihi batas normal yang bisa ditangkap oleh telingga maka tanpa disadari akan mengakibatkan menurunnya kemampuan mendengar atau bahkan dalam jangka panjang bsa menyebabkan tuli.

Itulah 3 dampak negatif akibat terlalu sering mendengarkan musik menggunakan headset. So, hentikan kebiasaan buruk ini dari sekarang sebelum merusak kesehatan anda.

loading...

Loading...