3 Cara Ampuh Untuk Melatih Kecerdasaan Otak Menurut Orang Jepang

loading...

loading...
Otak adalah pusat sistem saraf pada manusia yang terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Dalam kehidupan sehari-hari otak juga memerlukan asupan nutrisi agar tetap sehat dan dapat berfungsi secara normal. Selain membutuhkan asupan gizi dan protein, otak juga harus sering dilatih kemampuannya.

melatih kecerdasaan otak

Kebiasaan melatih otak akan membuat seseorang menjadi pintar dan IQ nya pun meningkat, seperti kegemaran orang-orang jepang yang memang terkenal dengan kecerdasaan dan kedisiplinannya. Ternyata dibalik kecerdasaan orang jepang, mereka mempunyai cara unik sekaligus menyenangkan untuk melatih otaknya.

Mau tahu apa saja caranya ? yuk kita simak 3 cara orang jepang untuk meningkatkan kecerdasaan dibawah ini.

1. Brain Age
Brain age adalah metode unik sekaligus menyenangkan yang sering dilakukan oleh orang jepang untuk melatih kemampuan otak mereka. Permainan ini diciptakan oleh Dr Ryuta Kawashima dari Tohoku University of Medicine, yang bertujuan untuk mengembalikan kelincahan mental warga jepang yang telah lanjut usia.

Seperti yang kita ketahui, bahwa penduduk jepang banyak diisi oleh orang usia lanjut. Selain meningkatkan penalaran mental dan bahasa, permainan Nintendo, Brain Age juga memiliki komponen yang menguji dan meningkatkan kemampuan matematika, kemampuan memori serta kemampuan yang meningkatkan jalur saraf.

2. Sudoku
Sudoku merupakan permainan puzzle yang dipopulerkan oleh Nikoli Puzzle Company pada tahun 1986 dan menjadi terkenal diseluruh dunia pada tahun 2005. Puzzle yang terdiri dari kotak 9x9 yang mana setiap baris berisi nomor 1 sampai 9 ini mampu melatih sisi penalaran dan analisis otak.

Permainan ini sangat digemari oleh orang jepang karena selain menyenangkan, hal ini juga bisa melatih kemampuan otak orang yang memainkannya.

3. Anzan
Anzan merupakan awal dari adanya latihan otak di Jepang. Anzan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris yang berarti ‘perhitungan mental’ dan melibatkan serangkaian panjang hitungan angka dengan membayangkan sempoa.

Pada anzan, sempoa digambarkan dalam pikiran. Penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan pembukuan dilengkapi melalui konsentrasi yang mendalam dan manipulasi sempoa mental. Untuk menjadi mahir, orang harus banyak berlatih. Anak-anak di Jepang biasanya latihan anzan 2 jam sehari.

Itulah 3 cara yang ampuh untuk melatih kecerdasaan otak menurut orang jepang. Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencoba salah satu permainan diatas ?

loading...

Loading...