10 Kesalahan Gaya Hidup Yang Bisa Mengundang Kematian

loading...

loading...
Seiring perkembangan zaman, tanpa disadari atau tidak ternyata banyak orang yang terjebak didalam kebiasaan-kebiasaan buruk yang kemudian akan merugikan diri mereka sendiri. Mereka sering kali menjalani gaya hidup yang tidak sehat.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjalani gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah karena terlalu sibuk bekerja dan tidak sempat untuk menjalani gaya hidup yang sehat.

Nah, dibahwa ini ada 10 kesalahan kecil dari gaya hidup yang bisa mengundang kematian. Mau tau ? yuk simak ulasannya dibawah ini. 

Gaya Hidup tak sehat

1. Melupakan Kebersihan Gigi
Jangan anggap sepele kebersihan gigi, karena menurut penelitian mengatakan bahwa buruknya kesehatan gigi dan gusi akan menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit jantung. Selain itu, peradaangan yang kronis pada gusi akan mempengaruhi bagian tubuh lainya.

Walaupun terlihat sederhana tetapi masih banyak orang yang tidak sadar akan kebersihan gigi mereka. So, mulailah rajin membersihkan gigi anda dari sekarang agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

2. Kurang Konsumsi Susu
Susu merupakan minuman yang kaya akan vitamin dan bagus untuk kesehatan tubuh kita, walaupun semua orang sudah susu kaya akan manfaat bagi kesehatan namun hanya sebagian orang saja yang rutin mengkonsumsi susu. Walaupun tampak sepele ternyata orang yang kurang mengkonsumsi susu akan rentan mengalami masalah kesehatan.

3. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Minuman Berenergi
Mengkonsumsi minuman berenergi memang menyegaran, namun taukah anda bahwa minuman energi merupakan salah satu penyebab meningkatnya kadar trigliserida didalam darah. Trigliserida sendiri adalah jenis lemak yang ada didalam darah manusia, dan apabila kadarnya terlalu tinggi maka akan terjadi penumpukan plak didalam pembulu darah.

Dan selanjutnya anda akan mengalami penyumbatan pembuluh darah yang akan mengakibatkan pernyakit kardiovaskuler. So, apabila anda merasa haus lebih bak mengkonsumsi air putih biasa daripada harus mengkonsumsi minuman berenergi.

 4. Pola Tidur Yang Tidak Teratur
Tidur merupakan salah satu cara untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah beraktivitas seharian. Selain itu tidur yang teratur akan membantu anda terjauh dari berbagai masalah kesehatan. Namun sebaliknya apabila pola tidur anda tidak teratur maka akan sangat mudah terserang berbagai penyakit, salah satunya adalah rentan terkena serangan jantung. Apabila anda mengalami sulit tidur atau insomnia maka segeara konsultasikan pada dokter dan hindari stres.

 5. Kurang Terpapar Sinar Matahari
Sinar matahari tak hanya berguna untuk menerangi bumi tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan kita, terutama kesehatan tulang. Sinar matahari bisa mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D yang sangat penting bagi tubuh, karena apabila seseorang kekurangan vitamin D didalam tubuhnya maka akan beresiko mengalami timbunan plak-plak kotor dalam pembuluh darah mereka.

 Dokter menyarankan, setidaknya Anda butuh waktu minimal 30 menit terpapar sinar matahari pada jam 10:00-15:00 setiap hari untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D yang sangat baik bagi kesehatan. so, jangan takut terkena sinar matahari karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

6. Minim Konsumsi Sayur dan Buah
Selain serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, buah dan sayur juga kaya akan kalium. Kalium adalah elektrolit penting bagi fungsi jantung dan juga membantu menyeimbangkan kadar asam-basa dalam tubuh. Sebuah penelitian baru menemukan, orang yang cukup mendapatkan asupan gizi dari buah dan sayur dapat menurunkan risiko terserang stroke hingga 52%.

7. Kurang Berjalan Kaki
Gaya hidup orang zaman sekarang tidak menyempatkan mereka untuk berjalan kaki, hal ini tak terlepas seiring perkembangan zaman sehingga manusia sekarang telah dimanjakan oleh teknologi yang semakin canggih. Padahal sesorang yang kurang berjalan kaki sangat rentan terserang oleh berbagai penyakit, setidaknya luangkanlah waktu anda untuk berjalan kaki 10.000 ribu langkah setiap hari makahal ini sudah setara dengan berolahraga selama 45 menit.

8. Selalu Merasa Kesepian
Sebuah penelitian yang melibatkan 3000 orang mengatakan bahwa pria atau wanita yang selalu merasa kesepian akan beresiko terkena serangan jantung, hal ini dikaitkan dengan kurangnya aktivitas fisik pada wanita dan pria. So, peliharalah hubungan baik dengan orang yang kita kenal dan kita sayangi karena selain bisa mengeratkan silahturahmi ternyata hal ini juga mampu memperpanjang hidup anda.

9. Tidak Pergi Liburan Saat Hari Libur
Setalah bekerja keras selama satu minggu penuh tentunya akan membuat otak dan tenaga anda terkuras habis, untuk menyegarkan pikiran kembali dan menghilangkan stres maka solusi terbaiknya adalah berlibur. 

Sebuah studi selama 20 tahun yang melibatkan 750 wanita mengungkapkan, bahwa mereka yang tidak berlibur sekali dalam 6 tahun berisiko 50-100% terkena serangan jantung.

10. Melupakan Sejarah Keluarga Anda
Kesalahan gaya hidup yang paling sering terjadi adalah melupakan sejarah keluarga anda. Mungkin anda bertanya-tanya mengena kalimat diatas ? baiklah, melupakan sejarah keluarga disini adalah anda harus mengetahui riwayat atau sejarah keluarga tentang penyakit apa saja yang pernah diderita oleh keluarga anda.

Dengan mengetahui hal itu anda bisa memulai gaya hidup sehat dan meninggalkan gaya hidup yang salah. Karena dalam dunia medis mengatakan bahwa ada beberapa penyakit keturunan yang mungkin akan beresiko pada anda juga. Jadi, ayo koreksi kembali gaya hidup Anda karena sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda.

Itulah 10 kesalahan gaya hidup yang bisa menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan anda, bahkan bisa mengundang kematian apabila tidak diantisipasi sejak dini.

loading...

Loading...