Unik, Gedung Menari Dari Ceko

loading...

loading...
Gedung-gedung merupakan suatu simbol atau bisa jadi sebagai tolak ukur kesuksesan dari sebuah kota, selain itu mempunyai gedung yang bertingkat dan mewah juga suatu kebanggan bagi suatu negara Negara. Namun jika kita lihat pada saat ini bangunan-bangunan mewah tidak hanya di dominasi oleh Negara barat lagi, bahkan Negara-negara dari benua Asia dan Timur Tengah jauh lebih agresif soal pembangunan gedung-gedung mewah. Hal ini bisa di buktikan dengan banyaknya gedung-gedung tertingi di benua Asia dan Timur Tengah, walaupun sebagian besar masih di kerjakan oleh kontraktor dari Eropa dan Amerika.

Ngomong-ngomong soal gedung bertingkat dan mewah, Biasanya mempunyai ragam bentuk yang bermacam-macam seperti yang ada di kota Praha,Ceko ini. Gedung unik ini sekilas berbentuk seperti orang yang sedang berdansa dan berpelukan, dua gedung yang berjejeran ini di beri nama Dancing House atau “rumah yang berdansa”, namun ada juga sebagian orang yang menyebutnya Drunk House (Rumah Mabuk).

Unik Gedung Menari Dari Ceko
Dancing House
Saat ini Dancing House menjadi salah satu ikon dari kota Praha, Ceko yang terletak di sudut jalan dan berhadapan dengan sungai. Kalian pasti bertanya-tanya siapa perancang Dancing House ini, mereka adalah Vlado Milunic dan Frank Gehry yang merupakan dua arsitek ternama dan telah di akui oleh dunia. Khususnya Gehry sendiri dikenal sebagai arsitek yang sering membuat bangunan-bangunan ikonik dengan arsitektur di luar pakem.

Ternyata gedung unik ini harus di sokong oleh 99 buah panel baja dan bagian puncaknya terdapat struktur baja lengkung yang di beri nama medusa. Pembangunan gedung ini sendiri di rancang dengan gaya dekonstruktif yang merupakan gaya arsitektur yang paling sering diadaptasi Gehry dalam karya-karyanya. Butuh waktu empat tahun untuk menyelesaikan gedung yang meliuk ini dari tahun 1992 sampai dengan 1996.

Walaupun banyak kritikus berpendapat bahwa keberadaan Dancing House tidak sesuai di antara bangunan-banugunan bergaya baroque yang jadi ciri khas Praha. Namun karena bentuknya yang menonjol dan unik sehingga berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan di berbagai ajang sekaligus mematahkan kritikan para kritikus.

loading...

Loading...