Orang Kidal Itu lebih Genius, Benarkah ?


Kidal merupakan suatu kebiasaan seseorang yang dominan menggunakan tangan kirinya, baik itu menulis, bekerja hingga makan. Di Indonesia sendiri sangat sedikit orang yang dominan tangan kirinya dan mayoritas penduduknya dominan menggunakan tangan kanan untuk melakukan apapun, sehingga orang-orang yang dominan tangan kidal atau tangan kirinya di anggap sebagai kebiasaan buruk oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Namun siapa sangka menurut berbagai penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang dominan tangan kirinya atau biasa di sebut kidal memiliki otak yang genius. Hal itu di sebabkan oleh paparan kadar testosteron yang tinggi sebelum kelahiran bayi. Chris Manus mengatakan di dalam bukunya yang berjudul berjudul Right-Hand, Left-Hand, orang-orang kidal secara historis rata-rata memiliki prestasi yang baik.

Selain itu orang kidal juga memiliki struktur otak dan gen yang berbeda yang mengatur perkembangan pusat-pusat bahasa otak. Berikut ada 4 alasan kenapa orang kidal umumnya di atas rata-rata atau genius:

1. Memori yang lebih baik
Setiap orang tentunya mempunyai kemampuan yang berbeda-beda termasuk orang kidal dan orang kanan. Namun menurut penelitian orang-orang yang dominan kidal memiliki corpus callosum yang lebih besar sehingga mereka dianugrahi memori yang lebih bagus. Tetapi hal ini tidak membuat mereka ingat akan segala hal, justru masalah dasar yang sering terjadi pada jenis memori ini adalah bahwa mereka mungkin tidak ingat di mana mereka telah meninggalkan kunci mereka, tetapi mereka akan ingat kapan Perang Dunia II terjadi.

2. Lebih kreatif
Otak kanan merupakan otak kreativitas, hal ini tidak terbantahkan lagi dan sudah banyak para ahli menyetujuinya. Menurut ilmuwan, seseorang yang dominan menggunakan tangan kirinya maka mereka lebih condong menggunakan otak kananya, dan ini merupakan otak kreativitas.

So, wajar jika orang-orang kidal lebih kreatif daripada orang-orang yang dominan menggunakan tangan kanan.

3. Jago main video game
Semua orang pasti suka memainkan video game namun hanya sedikit yang benar-benar jago dalam memainkan permainan di dalam video game tersebut. Menurut Dr. Nick Cherbuin orang kidal merupakan pemain game yang jago dari pada orang yang dominan kanan, hal ini di sebabkan karena otak orang kidal mampu mengontrol banyak stimulus.

4. Jago matematika
Menurut penelitian Marian Annett, sebagian besar mahasiswa matematika merupakan orang kidal. Hal ini semakin di perkuat oleh John Santrock pada tahun 2008 yang mengatakan bahwa orang-orang kidal sangat cocok berprofesi sebagai matematikawan, arsitek, musisi dan seniman.

Itulah 4 penjelasan mengapa orang kidal itu rata-rata genius. Tetapi terlepas dari itu semua bukan berarti orang-orang yang dominan tangan kananya tidak genius karena masih banyak faktor yang melatar belakangi seseorang itu genius atau tidak.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==