Mau Tidur Nyenyak ? Coba Konsumsi Makanan Ini


Tidur yang berkualitas merupakan salah satu kunci kesehatan tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari, bayangkan saja jika tubuh anda kekurangan istirahat maka konsentrasi anda dalam menjalani segala aktivitas akan terganggu karena kondisi tubuh yang kurang fit.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas kita harus memperhatikan berbagai faktor, salah satunya adalah makanan yan kita konsumsi. Walaupun terlihat sepele ternyata mengkonsumsi makanan yang salah sebelum tidur akan membuat tidur anda menjadi tidak nyenyak dan cenderung menjadi gelisah.

Inilah 6 makanan yang bisa dikonsumsi sebelum anda tidur, selain bermanfaat bagi kesehatan makanan ini juga dapat membantu anda tidur dengan nyenyak.

1. Produk susu seperti yogurt dan susu
Kandungan kalsium dalam produk ini efektif untuk mengurangi stres dan menstabilkan serabut saraf , termasuk di otak.

2. Sayuran hijau
Kandungan kalsium di dalam sayuran hijua bisa mengurangi tingkat stres anda, sehingga mengkonsumsi sayuran hijau seperti kubis dan bayam sebelum tidur bisa membantu anda untuk mendapatkan tidur yang benar-benar berkualitas

3. Makanan rendah gula, sereal gandum
Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat meningkatkan ketersediaan triptofan dalam aliran darah. Triptofan adalah asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin yang menginduksi tidur dan melatonin -- neurotransmitter yang memperlambat lalu lintas saraf dan menghentikan otak berdengung.

4. Pisang
Kandungan magnesium dan potasium di dalam buah pisang bisa membantu mengendurkan otot-otot anda yang tertekan. Di samping itu, pisang juga mengandung triptofan untuk merangsang produksi hormon-hormon yang menenangkan otak.

5. Almond
Almond bermanfaat menambah pasokan protein yang membantu menjaga kadar gula darah stabil saat tidur, serta mengubah siklus adrenalin tubuh menjadi mode istirahat dan mencerna. sehingga tidur anda akan menjadi nyenyak dan nyaman saat terbangun di pagi hari.

6. Ikan
kandungan vitamin B6 dalam ikan mendorong produksi melatonin (hormon yang menginduksi tidur karena dipicu kegelapan). Selain ikan, kacang polong juga mengandung vitamin B6 dan mampu membantu tidur.

Itulah 6 makanan yang bisa membantu anda agar bisa tidur dengan nyenyak, sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang berat karena hal itu bisa menggangu pencernaan anda sehingga tidur anda pun menjadi terganggu.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==