Inilah Beragam Makanan Istimewa Idul Adha dari Penjuru Dunia


Tanpa terasa idul adha atau lebaran haji akan jatuh pada besok hari, biasanya seluruh umat islam akan merayakanya dengan menyajikan beragam menu khas yang akan di nikmati oleh para tamu yang akan datang ke rumah kita. Selain itu di setiap daerah akan mengadakan pemotongan hewan kurban yang nantinya akan di bagi-bagikan kepada masyarakat di sekitarnya.

Makanan Idul Adha

Daging hewan kurban ini bisa di jadikan berbagai macam masakan untuk memriahkan idul adha ini. Namun bukan hanya di indonesia saja umat muslim yang merayakan hal ini, tetapi di seluruh penjuru dunia.

Mau tahu apa saja makanan khas dan istimewa idul adha di seluruh penjuru dunia ? yuk kita simak ulasanya di bawah ini:

1. Afrika Utara
Afrika utara juga banyak masyarakatnya yang beragama islam seperti Maroko hingga ke Alegria dan Tunisia. Mereka memiliki makanan khas yang biasa di sebut Tagines, biasanya makanan ini di sajikan dengan bahan-bahan dan bumbu yang di kembangkan secara tradisional. Sebagian besar Tagines di masak menggunakan daging dan sayuran dan kemudian di sajikan bersama cous-cous secara terpisah.

Kemudian makanan khas lainya seperti Maroc Mama atau biasa di sebut dengan Boulfaf yakni hati kambing panggang. Boulfaf adalah salah satu masakan yang terbaik, karena nutrisi yang terkandung di dalam hati kambing ini tidak di temukan pada bagian daging lainya.

Ada juga makanan khas dari libya yaitu Tbeikhet ‘Eid atau Lamb, Pumpkin and Chickpea Stew with Raisin yang terbuat dari daging kambing yang di masak semur bersama labu dan kacang serta taburan kismis ini sangat kaya rempah.

2. Amerika Serikat
Di negara minoritas islam pun seperti Amerika tidak mau ketinggalan, mereka para muslim yang tinggal di sini memiliki makanan khas idul adha yang biasa di sebut Fusion yakni perpaduan tradisi di dunia sehingga menghasilkan cita rasa yang unik. Biasanya setiap imigran muslim di Amerika Serikat memiliki menu khusus dari negaranya dan memadukan dengan makanan Western dan bahkan ada menu khusus untuk vegetarian. Mereka menyajikan Italian Pasta Salad untuk menggantikan ayam panggang berempah.

3. Timur Tengah, Turki, dan Asia Tengah
Makanan yang populer di negara ini biasanya adalah kebab yakni daging yang di tusuk lalu di panggang dan di bakar kemudian di sajikan dengan beragam cara. Biasanya bahan yang digunakan berupa daging sapi atau kambing. Terkadang daging kebab juga disajikan layaknya burger.

4. Asia Selatan
Negara-negara di asia selatan biasanya lebih cenderung dengan makanan yang kaya akan rasa seperti:

- Biryani
Biryani merupakan nasi yang di masak dengan rempah-rempah, sayuran, atau daging. Bagi masyarakat indonesia dan malaysia sering menyebut makanan ini dengan nasi biryani.

- Rasgulla
Makanan yang satu ini terbuat dari adonan semolina dan keju india yang di masak bersama sirup gula.

- Kheer atau khidir
Kheer merupakan makanan khas dari asia selatan yang terbuat dari beras mendidih atau gandum yang di campur dengan susu dan gula. Biasanya bumbu nya terbuat dari berbagai campuran kacang mete, kapulaga, kismis dan kunyit.

- Baklava
Makanan khas satu ini sering di hidangkan saat idul adha di negara-negara asia bagian selatan. Biasanya bahan utamanya adalah kacang walnut yang di cincang dan di beri madu atau gula, lalu dibungkus adonan roti tipis.

Itulah beragam makanan istimewa Idul Adha dari penjuru dunia. Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencoba membuat salah satu menu di atas saat idul adha nanti.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==