Inilah Bahaya Main Ponsel Menjelang Tidur Malam


Ponsel merupakan bukan barang yang mewah lagi di kalangan masyarakat bahkan banyak orang yang memiliki ponsel lebih dari satu. Karena barang yang satu ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat di perlukan pada zaman sekarang, karena tanpa komunikasi maka akses dan koneksi seseorang serasa terbatas.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan semakin majunya dunia teknologi membuat ponsel tidak lagi hanya sebatas alat komunikasi tetapi sudah berubah menjadi multi fungsi yang menunjang gaya hidup orang-orang di zaman sekarang. Tidak heran bila di manapun seseorang berada maka selalu terlihat sibuk memegang handphone entah hanya sekedar ngecek sms atau update status di sosila media, bahkan lebih parahnya lagi menjelang tidur pun seseorang akan memainkan ponselnya.

Namun tahukah anda ternyata memainkan ponsel ketika hendak tidur dapat mempengaruhi kesehatan kita. Selain menggangu penglihatan kita, ternyata memainkan ponsel sebelum tidur juga bisa menyebabkan insomnia yaitu keadaan di mana anda akan sulit tidur di malam hari. Baca tips jitu atasi insomnia .

Menurut sebuah penelitian mendapati bahwa 10 dari 8 orang ternyata sering membawa ponsel ketika hendak tidur. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena seseorang akan sering merasa was-was dan selalu ingin mengecek notifikasi yang masuk di ponsel mereka, tentu saja tanpa anda sadari hal ini akan mengganggu kualitas tidur anda.

Banyak orang yang mengeluhkan sakit kepala dan pusing setiap kali memainkan ponsel menjelang tidur, hal ini tidak terlepas dari pengaruh cahaya ponsel yang terlalu terang sehingga memaksa mata untuk bekerja lebih ekstra. Selain itu cahaya ponsel juga dapat merangsang sel-sel di retina daerah di belakang mata yang mentransmisikan pesan ke otak untuk bekerja lebih keras.

Cahaya yang di hasilkan oleh handphone, tablet dan alat elektronik lainya banyak mengandung unsur ber warna biru sehingga otak akan terstimulasi. Selain itu "Pigmen melanopsis, saraf yang terdapat di retina mata sangat sensitif terhadap paparan warna biru. Hal inilah yang membuat kita lebih tertarik mengecek pemberitahuan di ponsel dibandingkan membaca buku. Sebenarnya layar TV dan laptop juga mengandung unsur warna biru yang dominan, meski pengaruhnya tidak sedahsyat cahaya dari layar ponsel.

Itulah bahaya main ponsel menjelang tidur malam, apakah anda termasuk salah satu orang yang gemar memainkan ponsel ketika hendak tidur ? jika iya maka hentikanlah kebiasaan buruk ini karena selain bahaya di atas ternyata ponsel juga dapat menyebabkan kanker otak. Be a smart.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==