Hindari 8 Kesalahan Finansial Ini Di Usia 20-an

loading...

loading...
Usia 20-an merupakan masa peralihan seseorang dari anak-anak menjadi remaja, tentu saja hal ini terkadang membuat seseorang menjadi labil karena masih meraba-raba tujuan hidup yang akan mereka jalani di masa yang akan datang. Pada usia ini juga seseorang akan di hadapkan pada keputusan dan pilihan penting termasuk menentukan arah khidupan dan keuangan mereka.

Nah pada artikel ini kita akan membahas tentang 8 kesalahan finansial yang sering terjadi pada saat kamu di usia 20-an, karena kesuksesan di usia muda akan menjamin hidup bahagia saat anda tua nanti. So, jangan sia-siakan usia emas anda dengan hal-hal yang tidak berguna.

Inilah 8 kesalahan finansial yang harus kalian hindari ketika berada di usia 20-an:

1. Kuliah Tidak Dijalani dengan Serius Sekalipun Biayanya Sangat Besar
Pendidikan merupakan investasi untuk masa depan anda karena gelar sarjana yang di dapatkan akan berguna sebagai modal untuk mendapatkan pekerjaan di perusahan besar dan tentunya dengan gaji yang tinggi. Namun saat ini kita lihat banyak anak muda yang menyia-nyiakan pendidikan mereka dan tidak serius menjalaninya. Hal ini hanya akan menjadi penyesalan bagi anda di masa yang akan datang karena tanpa rencana karir yang jelas dan keseriusan menjalani kuliah maka kemungkinan dimasa depan anda akan mengalami kesulitan finasial dan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

2. Sudah Mulai Berhutang Sejak Usia Muda
Usia muda memang masa-masa menyenangkan dan tentunya banyak godaan untuk membeli barang-barang yang terbaru demi gengsi semata, namun tahukah anda jika gaya hidup yang boros ini terus-menerus anda jalani maka besar kemungkinan anda akan terjerat kedalam hutang. Inilah kesalahan anak muda di usia 20-an yaitu berhutang, hal ini akan menjadi kebiasaan buruk hingga anda tua nanti. Lebih baik menabung sejak usia muda dan menekan diri sekuat mungkin terhadap godan untuk membeli hal-hal yang tidak perlu,. So, bedakanlah antara kebutuhan dan keinginan.

3. Gegabah Memutuskan untuk Kredit Kendaraan Pribadi
Saat ini Kendaraan pribadi menjadi primadona bagi kaum anak muda, namun sebenarnya hal ini belum menjadi kebutuhan yang mendesak bagi anak muda, akan lebih baik jika uang tersebut di tabung terlebih dahulu dan tidak mengikuti gaya hidup anak muda lainya. kendaraan pribadi hanyalah keinginan bagi anak muda bukan kebutuhan, mereka cenderung membeli hanya untuk gaya-gayan yang bisa di pamerkan kepada teman-teman agar di anggap mempunyai bukti dari hasil kerjamu sendiri.

4. Gagal Mengontrol Pengeluaran Sosial
Salah satu kesalahan finansial lainya adalah gagalnya mengontrol pengeluaran sosial seperti terlalu boros ketika sedang berkumpul bersama teman-teman atau terlalu sering berlibur ke luar kota. Aturlah keuangan anda jangan sampai habis semua apalagi sampai tidak cukup, selama satu minggu pilih 2 hari saja untuk bersenang-senang dan sisanya isilah dengan kegiatan yang bermanfaat sekaligus tidak mengeluarkan biaya.

5. Gampang Tergoda Iklan dan Punya Sifat Konsumtif
Anak muda memang sangat muda tergoda dengan iklan, apalagi barang-barang yang di tawarkan merupakan barang keluaran terbaru d masanya. Namun sebisa mungkin hindarilah prilaku konsumtif ini karena hanya akan merugikan diri sendiri dan membuat pengeluaran anda semakin membengkak.

6. Tidak Punya Rencana Masa Depan yang Jelas
Di masa muda terkadang seseorang lupa untuk mengatur rencana masa depan mereka, di pikiranya hanyalah senang-senang saja. Anda akan kesulitan finansial di usia tua jika hal ini tidak anda ubah secepatnya, mulailah berpikir dan merencanakan untuk berinvestasi di usia muda agar tidak menyesal nantinya karena tidak selamanya anda akan bekerja.

7. Tidak Menyiapkan Dana Darurat
Terkadang hal ini di anggap sepele oleh sebagian anak muda di usia 20-an , namun tahukah anda bahwa dengan menyiapkan dana darurat adalah cara paling aman untuk mengantisipasi kondisi tak terduga yang bisa terjadi kapanpun seperti mendadak sakit, di pecat dari pekerjaan dan lain-lain. Mulailah menyiapkan dana darurat sejak muda karena sangat bermanfaat di kemudian hari.

8. Nekat Menikah Walaupun Belum Punya Kemampuan Finansial yang Mumpuni
Menikah merupakan Ibadah dan pasti setiap orang menginginkan pernikahan, namun sebelum anda melangkah ke pelaminan pastikan jika anda siap secara mental dan finansial. Bagi anak muda yang menikah tanpa punya kemampuan finansial yang mencukupi maka hal ini merupakan suatu kesalahan, cobalah untuk meniti karir terlebih dahulu karena di usia 20-an biasanya usia produktif bagi anak muda.

Itulah 8 kesalahan yang harus hindari di usia 20-an agar masa depan anda terjamin dan tidak mengalami kesulitan finansial.

loading...

Loading...