5 Cara Ampuh Untuk Membantu Teman Yang Sedang Depresi

loading...

loading...
Dalam kehidupan sehari-hari seseorang tidak akan bisa hidup secara sendirian, siapapun pasti akan membutuhkan seorang teman. Namun terkadang memilih teman tidak segampang yang kita bayangkan karena pada saat ini sangat sulit sekali untuk menemukan teman yang ada di saat kita susah maupun senang.

Teman sendiri tidak hanya tempat kita berbagi suka dan duka tetapi harus saling tolong-menolong dalam keadaan apapun. Di saat anda ada masalah maka teman berkewajiban membantunya dan begitu pula sebaliknya, termasuk di saat teman anda mulai mengalami depresi.

Tips Membantu teman depresi

Nah, untuk membantu teman anda yang sedang depresi, maka anda bisa mencoba 5 cara di bawah ini untuk membantunya:

1. Memberikan motivasi
Depresi sangat rentan menyerang seseorang di usia muda, hal ini bisa di sebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena terlalu banyak pikiran. Hal yang pertama kita lakukan adalah memberikan motivasi kepada teman yang sedang mengalami depresi, walaupun hanya sebatas kata-kata hal ini sangat berarti dan membantu bagi dia sehingga membangkitkan semangatnya kembali. Karena seseorang yang sedang depresi sangat membutuhkan motivasi agar mereka bangkit dari keterpurukanya.

2. Menguatkan mereka
Di saat seseorang mulai depresi biasanya mereka akan sangat rapuh dan selalu berpikiran negatif. Nah tugas kita untuk menguatkan teman yang sedang depresi, Buatlah mereka merasa nyaman dan siap mendengarkan semua keluhannya. Hal ini sangat berarti bagi dia untuk menemukan kekuatan dan mencari jalan keluar dari permasalahanya.

3. Selalu ada
Teman yang sedang depresi sangat membutuhkan seseorang yang bisa dipercayainya untuk tempat bercerita. Nah di sinlah anda harus memahami kondisi seperti ini, usahakan lah anda selalu ada di saat mereka membutuhkan. Hal seperti sangat membantu sekali bagi dia sehingga bisa menurunkan tingkat depresinya.

4. Jangan menyerah
Teman yang sedang depresi akan selalu merasa putus asa sehingga dia berpikir tidak akan mampu untuk menghadapi berbagai masalah yang datang di dalam hidupnya. Disinilah peran kita untuk membuat teman yang sedang depresi tersebut menjadi kuat kembali. Katakan pada mereka jangan menyerah karena seseorang yang sabar menerima ujian hidup maka akan berbuah indah nantinya.

5. Jangan mengkritik
Di saat teman sedna mengalami depresi sebaiknya anda menghindari kata-kata yang mengkritik dia, karena hal ini akan memperburuk tingkat depresinya. Usahakanlah untuk menjadi pendengar yang baik karena pada saat ini dia hanya membutuhkan seseorang yang mau mendengarkan segala curhatanya.

Itulah namanya teman selalu ada dalam kondisi apapun. Memang tidak mudah untuk menghadapi teman yang sedang depresi, namun setidaknya dengan melakukan 5 cara di atas teman anda merasa terbantu dalam menyelesaikan masalahnya.

loading...

Loading...