Resiko Dan Cara Mengatasi Efek Pembuatan Tato

loading...

loading...
Di zaman sekarang tato bukanlah sesuatu yang tabu lagi bagi kalangan masyarakat Indonesia, jika dulu orang yang mempunyai tato di cap sebagai orang yang tidak baik. Tapi lain halnya denga zaman sekarang tato bukan lagi di cap sebagai stigma yang negatif, bahkan banyak orang yang telah membuat tato mulai dari untuk gaya-gayaan dalam pergaulan bahkan sampai menjadikan tato sebuah jati diri seseorang pecinta seni.

Seiring perkembangan zaman tato terbagi beberapa jenis di dunia ini seperti tato untuk kecantikan, tato adat, kemudian tato professional. Tato professional yang banyak di lakukan oleh seseorang saat ini untuk memperindah tubuh mereka dengan gambar-gambar yang mereka inginkan. Pembuatan tato sangat lah sulit dan harus di lakukan para ahli yang telah mendalami seni tato bertahun-tahunlamanya. Karena pembuatan tato ini di buat di pada kulit dengan pigmen-pigmen yang di masukan melalui tusukan pada lapisan atas kulit sehingga harus membutuhkan ketelitian dan keahlian khusus.

Biasanya para seniman tato menggunakan mesin yang serupa dengan mesin jahit dengan 1 atau lebih jarum untuk menusuk kulit. Pada setiap tusukan, jarum-jarum tersebut akan memasukkan tetesan tinta. Proses tersebut berlangsung tanpa dilakukan anestesi sehingga dapat menimbulkan perdarahan dan rasa nyeri.

http://informasikankerservik.blogspot.com
Pembuatan Tato
Inilah resiko kesehatan yang harus anda ketahui sebelum membuat tato dan juga efek samping yang dapat membahayakan kesehatan di kemudian hari:

1.Infeksi
Pada keadaan yang sangat buruk, misalnya menggunakan jarum bekas, Anda bisa memiliki resiko tertular virus HIV atau[un hepatitis C. Anda juga bisa memliki resiko terinfkesi kuman MRSA, impegtigo, infeksi bakteri stafilokokus, selulitis, ataupun infeksi kulit dalam.

2.Reaksi Alergi
Ada beberapa orang yang alergi terhadap tinta tato. Hal ini paling sering terjadi pada tinta merah. Reaksi alergi yang dapat muncul berupa bengkak atau gatal. Infeksi ini yang merupakan efek samping yang harus di perhatikan bisa jadi segala peralatan dan pembuatanya sangat steril tetapi kuman penyebab infeksi bisa saja pada tintanya atau lokasi tempat pembuatanya. 

Jika anda memang benar-benar menyukai tato dan ingin membuatnya, perhatikan dulu hal berikut sebelum anda memulai untuk membuat tato pada tubuh anda:

1.Hindari mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang saat Anda ingin membuat tato.
2.Jangan membuat tato saat Anda sakit
3.Pastikan semua jarum yang digunakan steril, dan bukan bekas orang
4.Pastikan klinik/studio/salon tempat Anda mau melakukan tato memiliki alat steril untuk mengsterilkan alat-alat.
5.Pastikan yang menggambar tato Anda menggunakan sarung tangan dan mencuci tangan.
6.Pastikan ruangan kerja bersih.
7.Catat semua jenis keterangan untuk tato, seperti warna tinta, nomor tinta dan sebagainya.
8.Dan ingat untuk selalu mengikuti aturan untuk penyembuhan tato.

loading...

Loading...