Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

loading...

loading...
Sebelum kita membahas apa saja manfaat Donor Darah bagi kesehatan tubuh ada baiknya jika kita mengetahui dahulu apa itu donor darah dan persyaratanya. Kok pake persyaratan ? mungkin itu yang ada di benak anda saat ini, ya tentu saja karena donor darah tidak di lakukan secara sembarangan.

Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela dan kemudian di simpan di dalam bank darah. Darah yang telah terkumpul akan sangat bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan,. Jadi dengan adanya bank darah ini kita tidak akan kesulitan lagi jika sewaktu-waktu ada yang harus mendapatkan transfusi darah.

Biasanya kegiatan donor darah ini di selenggarakan oleh PMI dan di lakukan secara rutin dengan jangka waktu tertentu. Tidak semua orang yang mau mendonorkan darahnya karena berbagai alasan tertentu, dan tidak semua orang pula yang bisa mendonorkan darahnya karena seseorang yang ingin mendonorkan darahnya harus memiliki persyaratan sebagai berikut:

1.Calon donor harus berusia 17-60 tahun,
2. Berat badan minimal 45 kg
3. Kadar hemoglobin >12,5 gr%
4. Tekanan darah 100-160 (sistol) dan 70-100 (diastol).
5. Temperatur tubuh antara 36,6-37,5 derajat Celcius
6 .tidak mengalami gangguan pembekuan darah (hemofilia)
7. Denyut nadi antara 50-100 kali/menit
8. Kadar hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
9. Tidak pernah menyumbangkan darah dalam jangka waktu 3 bulan sebelumnya
10. Untuk menjaga kesehatan dan keamanan darah, calon donor tidak boleh pernah atau sedang menderita sakit seperti alkoholik, penyakit hepatitis, diabetes militus, epilepsi, atau kelompok masyarakat risiko tinggi mendapatkan AIDS serta mengalami sakit seperti demam atau influensa; baru saja dicabut giginya kurang dari tiga hari; pernah menerima transfusi kurang dari setahun; begitu juga untuk yang belum setahun menato, menindik, atau akupunktur; hamil; atau sedang menyusui.

Namun Tahukah anda jika mendonorkan darah memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Menurut studi terbaru mengatakan bahwa Donor darah secara rutin dapat menurunkan resiko penyakit jantung, hal ini bisa terjadi karena menurunya kadar zat besi yang tinggi di dalan tubuh. Kadar zat besi yang tinggi ini dapat mempengaruhi tebal dan tekstur darah di dalam tubuh. Selain itu, juga dapat mempecepat proses oksidasi kolesterol.

So, mulai dari sekarang jangan takut lagi untuk mendonorkan darah karena sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

loading...

Loading...