Bahaya Tindik Lidah Bagi Kesehatan Tubuh


Tindik sudah di kenal sejak zaman dahulu karena hal ini telah di lakukan oleh beberapa suku terdahulu di dunia seperti Aztec dan Asmat di Papua, mereka menindik bagian tubuh tertentu dengan alasan dan tujuan tertentu. Namun sekarang tindik sudah menjadi trend tersendiri di kalangan anak muda, walaupun hanya sekedar gaya-gayan untuk tampil beda di antara anak muda lainya. selain itu tindik juga di anggap sebagai fashion bagi anak muda zaman sekarang.

Di indonesia sendiri sudah banyak anak muda yang melakukan tindik pada bagian tubuhnya mulai dari lidah, mulut, telingga, hidung, dan area terlarang mereka. Mereka tidak pernah menyadari bahwa tindik sangat berbahaya dan beresiko bagi kesehatan tubuhnya terutama tindik lidah, seperti yang akan kita bahas saat ini.

Biasanya tindik lidah berbahan dari stainless steel, perak, gold-plated, surgical stainless steel dan bahan plastik berwarna. Tindik lidah bentuknya seperti barbel yang di tanamamkan dari bagian atas lidah sampai kebawah. Tak jarang hal ini membuat orang yang memakainya terkadang harus menahan rasa sakit akibat pemasangan yang tidak tepat.

Selain itu, menurut beberapa laporan bahwa orang yang memakai tindik pada lidahnya mengalami komplikasi seperti:

1.Gigi patah,
2.Penurunan gusi,
3.Karang atau kalkulus dibarbel,
4.Luka pada area mulut,
5.Lidah terbelah,
6.Penyakit ludwig’s angina,
7.Infeksi bakteri,
8.Abses cerebral, 9.Aypotensive collapse,
10.Infeksi virus HIV,
11.Hepatitis B dan C,
12.Kerusakan syaraf lidah, 13.Herpes simpleks,
14.Penyakit Eipsten Barr,
15.Obstruksi pernapasan akibat pembengkakan, 16.Hipersensitif,
17.Pembentukan jaringan parut,
18.Parestesi.

Tindakan menindik di sembarang tempat dengan alasan apapun sangat beresiko bagi kesehatan tubuh. Menurut American Academy of Dermatologi (ADD) tindik hanya boleh di lakukan pada cuping telinga

Itulah bahaya dari tindik lidah bagi kesehatan tubuh, bagaimana masih mau melakukannya? Setelah mengetahui bahayanya.


loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==